Jerry Rawlings, Mantan Presiden Ghana Meninggal di Usia 73 Tahun 

Ghana sedang berkabung

Ghana, IDN Times - Mantan Presiden Ghana, Jerry John Rawlings meninggal dunia pada hari Kamis (12/11) di usia ke-73 tahun. Ia sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit Korle Bu Teaching. Jerry John Rawlings meninggalkan seorang istri bernama Nana Konadu Agyeman bersama istrinya mereka mempunyai tiga anak perempuan; Zanetor Rawlings, Yaa Asantewaa Rawlings, Amina Rawlings; dan satu putra yaitu Kimathi Rawlin.

Jerry Rawlings dikenal sebagai pemimpin yang sangat menerapkan demokrasi di Ghana dia menjabat menjadi presiden selama dua periode dari Januari 1993 sampai Januari 2001, melansir dari VOA News.

1. Jerry John Rawlings menjabat sebagai presiden dari tahun 1993-2001

Jerry Rawlings, Mantan Presiden Ghana Meninggal di Usia 73 Tahun Foto Jerry Rawlings mantan presiden Ghana periode 1993-2001 sedang diwawancara .sumber: twitter.com/Jerry John Rawlings

Jerry John Rawlings mendirikan partai besar yang berkuasa di Ghana, Kongres Demokratik Nasional (NDC), menjabat presiden pertama Republik ke-4 Ghana selama dua periode dari Januari 1993 sampai dengan Januari 2001. Sebelum menjadi presiden dia merupakan anggota militer Ghana.

Rawlings merupakan mantan prajurit angkatan udara Ghana yang lulus tahun 1969. Selama satu dekade kemudian, Rawlings telah menjadi perwira senior di angkatan udara, ia menggulingkan pemerintahan militer dan menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin sipil.

Pada tahun 1981 Rawlings memipin kudeta kedua dan menjadi kepala junta militer sampai tahun 1992. Kemudian dia mengenalkan pemilu multi partai dan memenangkan pemilu presiden selama dua periode, yang membuat Ghana kembali menjadi negara demokrasi. Kepemimpinan Rawlings telah menstabilkan Ghana yang kacau dengan kudeta di periode 1960 dan 1970-an.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden Rawlings masih aktif dalam kegiatan politik di Ghana dan Afrika dengan menjadi perwakilan Uni Afrika di Somalia.

Melansir dari BBC, selama menjadi pasukan militer Ghana, Rawlings telah menjadi saksi mata eksekusi mati dari beberapa pejabat yang korupsi, Rawlings mengaku menyesal dia lebih ingin mereka bisa diadili tanpa pertumpahan darah.

2. Rakyat Ghana dan pemimpin Afrika memberikan ucapan penghormatan untuknya

Jerry Rawlings, Mantan Presiden Ghana Meninggal di Usia 73 Tahun Foto Jerry Rawlings mantan presiden Ghana periode 1993-2001.sumber: twitter.com/Jerry John Rawlings

Jerry John Rawlings yang telah membawa Ghana jadi lebih demokrasi telah meninggal di usia 73 tahun. Kepergian Rawlings membuat para warga Ghana mengungkapkan kesedihannya. Berikut beberapa perkataan mereka yang dikutip dari VOA News.

Patrick Kwame, seorang pemilik toko di Accra, mendengarkan berita di radio dan berduka atas kehilangannya. Dia bersama teman-teman dan keluarganya membicarakan sosok Rawlings dan menurutnya meninggalnya Rawlings menjadi kerugian bagi Ghana.

"Semua orang memikirkannya, mereka mengingatnya dan ingin mengingatnya dari masa lalunya," kata Kwame.

Tak jauh darinya, Sarah Tngey seorang perawat mengatakan dia mendengar berita itu melalui media sosial merasa, "sedih dan terkejut".

"Kami mengenalnya karena akhlak dan aturannya yang baik, karena, selama masa pemerintahannya ada penghormatan yang ketat untuk semua orang," katanya.

Para pemimpin Afrika juga merasa turut kehilangan dengan meninggalnya Rawlings dan memberikan ucapa penghormatan untuknya.

Presiden Ghana saat ini Nana Akufo-Addo mengatakan, "Pohon besar telah tumbang, dan Ghana lebih miskin karena kehilangan ini." Dikutip dari Al Jazeera.

Presiden Uni Afrika Moussa Faki Mahamat mentweet bahwa mantan pemimpin Ghana itu adalah pendukung pan-Afrikaisme.

Presiden Liberia George Weah mengatakan "Ghana, Liberia dan Afrika akan kehilangan pemimpin yang hebat. Liberia mengingat kontribusinya yang begitu besar untuk pencapaian dan keberlanjutan perdamaian selama hari-hari kelam dalam sejarah kita sendiri," tulisnya dalam sebuah tweet yang dikutip dari BBC.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari juga mengucapkan kehilangannya, "seluruh benua Afrika akan sangat kehilangan kualitas pemimpin yang hebat. Semangat, disiplin dan kekuatan moral yang digunakan mantan pemimpin Ghana untuk mereposisi negaranya selama bertahun-tahun terus bergema di seluruh benua dan sekitarnya." Mengutip dari BBC.

Baca Juga: Muhammad Osamanmusa, Bintang Timnas Futsal Thailand Keturunan Ghana

3. Ghana akan memasuki masa berkabung selama seminggu

Jerry Rawlings, Mantan Presiden Ghana Meninggal di Usia 73 Tahun Foto Jerry Rawlings mantan presiden Ghana periode 1993-2001 bersama dua saudara perempuan kembar identik.sumber: twitter.com/Jerry John Rawlings

Presiden Ghana memerintahkan seluruh wilayah Ghana untuk memberikan penghormatan dengan  mengibarkan bendera setengah tiang selama tujuh hari berkabung nasional dimulai hari Jumat. Dia juga akan menangguhkan kampanye untuk pemilu di bulan Desember, melansir dari Al Jazeera.

Kandidat calon presiden dari partai Kongres Demokratik Nasional (NDC) John Mahama juga mengumumkan bahwa akan menangguhkan kampanye untuk pemilu bulan depan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Ghana, Negara yang Merdeka pada 6 Maret

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya