Patung Pahlawan Aljazair di Prancis Dirusak

Meski rusak peresmian patung tetap dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Patung Emir Abdelkader, seorang pahlawan militer Aljazair di Amboise, Prancis rusak parah pada hari Sabtu (5/2/2022), beberapa jam sebelum patung itu akan diresmikan. Abdelkader merupakan perjuang Aljazair yang melawan koloni Prancis pada abad ke- 19. Patung tersebut dibangun Prancis sebagai upaya untuk memulihkan hubungan dengan Aljazair.

1. Kerusakan terjadi saat meningkatnya retorika tentang imigrasi dan Islam

Melansir dari Al Jazeera, patung yang rusak itu terjadi selama kampanye pemilihan presiden Prancis yang akan berlangsung pada bulan April. Kampanye kandidat sayap kanan, Eric Zemmour didominasi dengan retorika terhadap Islam dan imigran dari Afrika, termasuk Aljazair. 

Menanggapi rusaknya patung Abdelkader, Wali Kota Amboise, Thierry Boutard mengatakan dia malu atas sikap tidak bertanggung jawab tersebut. Meski ada kerusakan terhadap patung wali kota itu tetap memutuskan untuk melanjutkan upacara peresmian. 

Diplomat Aljazair di Prancis, Mohamed Antar Daoud, yang menghadiri peresmiaan, menganggap tindakan terhadap patung itu sebagai tindakan "kehinaan yang tak terkatakan". Daoud menyampaikan tindakan vandalisme itu tidak akan menghalangi upaya untuk memperbaiki hubungan Prancis dan Aljazair. 

Ouassila Soum, seorang warga Prancis keturunan Aljazair, yang hadir dalam  peresmian, mengatakan tindakan tersebut memalukan, tapi menyampaikan bahwa di tidak kaget karena sedang ada retorika kebencian. 

Kerusakan patung ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang di Amboise. 

2. Pembangunan patung diusulkan sejarawan Prancis yang ditugaskan oleh Macron

Patung Pahlawan Aljazair di Prancis DirusakPresiden Prancis, Emmanuel Macron. (Twitter.com/Emmanuel)

Melansir dari Al Jazeera, patung itu  dibangun atas saran dari seorang sejarawan yang ditugaskan oleh Presiden Emmanuel Macron untuk menemukan cara memulihkan hubungan buruk dengan Aljazair akibat perang di negara itu dan 132 tahun pemerintahan koloni Prancis di Aljazair. 

Selain mendirikan patung upaya lainnya yang dilakukan Prancis untuk memperbaiki hubungan dengan Aljazair adalah dengan mengumumkan akan segera membuka untuk umum bagian paling rahasia dari arsip nasionalnya tentang perang kemerdekaan Aljazair, menjelaskan beberapa bab tergelap dalam sejarah Prancis pada abad ke-20. Rencana itu diumumkan pada Januari tahun lalu. 

Upaya kemerdekaan yang dilakukan Aljazair berhasil terwujud pada 1962 setelah perang berdarah selama delapan tahun yang terus memperumit hubungan kedua negara. Perkiraan jumlah korban yang tewas akibat konflik bersenjata ini bervariasi antara 400 ribu hingga satu juta korban, dikutip dari BBC.

Baca Juga: Menlu Prancis Tuduh Tentara Bayaran Rusia Jarah SDA Mali

3. Diberikan penghargaan tertinggi di Prancis

Melansir dari France 24, Abdelkader yang dijuluki sebagai musuh terburuk Prancis pada abad Ke-19 dan dianggap sebagai salah satu pendiri Aljazair modern karena perannya dalam memimpin perlawanan terhadap pasukan Prancis.

Perlawanan yang dipimpin oleh Abdelkadere terhadap Prancis gagal dan membuatnya ditahan oleh Prancis yang mengirimnya ke Amboise untuk ditahan bersama kuargannya dari 1848-1852.

Setelah bebas dia pindah ke Suriah dan kemudian meraih pengakuan internasional karena membela orang-orang Kristen selama serangan sektarian. Karena tindakannya itu dia dianugerahi Legion of Honour, yang merupakan penghargaan tertinggi Prancis. 

Baca Juga: 10 Bahasa Prancis Dasar untuk Traveling yang Wajib Kamu Pahami

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya