Pengadilan Slovakia Tambah Hukuman Pembunuh Jurnalis Kuciak

Marian Kocner dicurigai sebagai dalang pembunuhan

Bratislava, IDN Times - Rabu, 3 Desember Mahkamah Agung Slovakia menjatuhkan tambahan hukuman untuk Miroslav Marcek, seorang mantan tentara yang membunuh jurnalis Jan Kuciak dan tunangannya pada tahun 2018.

Jurnalis Jan Kuciak yang dibunuh diketahui sedang melakukan investigasi mengenai dugaan korupsi pejabat pemerintah dan hubungan pengusaha Marian Kocner dengan mafia Italia.

1. Hukuman untuk Miroslav Marcek tida bisa dibanding

Pengadilan Slovakia Tambah Hukuman Pembunuh Jurnalis KuciakIlustrasi Persidangan (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir dari Associated Press, Miroslav Marcek mantan tentara yang melakukan pembunuhan, pada 21 Februari 2018 terhadap Jan Kuciak, seorang jurnalis investigasi dan Martina Kusnirova, tunangannya. Kuciak dan tunangannya dibunuh di kediaman mereka di Velka Maca, sebelah timur Bratislava. Kuciak ditembak oleh pelaku di dada, sementara tunangannya ditembak di kepala.

Miroslav Marcek pada bulan April 2020 telah dijatuhkan hukuman oleh pengadilan yang lebih rendah 23 tahun hukuman penjara, karena kontrak pembunuhan, tetapi pada Rabu, Mahkamah Agung Slovakia telah menambah hukumannya menjadi 25 tahun kurungan penjara, setelah penuntut mengajukan banding.

Mengenai pembunuhan yang dilakukannya Marcek telah mengaku bersalah dan sebelum hukumannya ditambah telah mencoba melakukan banding, namun putusan pengadilan pada hari Rabu tidak bisa diajukan banding.

"Mahkamah Agung ... mengugurkan keputusan Pengadilan Kriminal Khusus sebagai bagian dari hukuman dan memutuskan sendiri dengan menjatuhkan total 25 tahun penjara pada tersangka Miroslav M. Dewan Banding menolak banding dari para pemohon banding karena tidak berdasar. Tidak ada banding biasa lainnya yang melawan keputusan Mahkamah Agung ini," kata seorang juru bica kepada Euronews.

2. Hukuman tersangka lainnya

Pengadilan Slovakia Tambah Hukuman Pembunuh Jurnalis KuciakIlustrasi Pelaku Pidana (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir dari Euronews, dua orang yang dituduh ikut terlibat dalam pembunuhan Kuciak dan tunangannya, pada bulan September telah dibebaskan oleh pengadilan Slovakia. Salah satunya Marian Kocner jutawan Slovakia, yang dituduh sebagai dalang pembunuhan, dan terduga lainnya yaitu Alena Zsuzsova, yang juga dituduh terlibat dalam pembunuhan.

Masih melansir dari Euronews, sementara dua orang tersangka lainnya yang juga terlibat dalam pembunuhan telah dijatuhi hukuman. Tomas Szabo, yang dituduh ikut berada di lokasi pembunuhan dan sebagai pengemudi kendaraan untuk pelarian telah dijatuhi hukuman 25 tahun penjara. Seorang tersangka lainnya merupakan perantara dan telah setuju untuk bekerja sama dengan jaksa penuntut, karena kerja samanya pengadilan menjatuhi hukuman lebih ringan, ia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara pada bulan Desember.

Baca Juga: Jurnalis Slovakia dan Kekasihnya Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

3. Kuciak jurnalis yang menyelidiki hubungan Kocner dan para politisi dengan mafia italia

Pengadilan Slovakia Tambah Hukuman Pembunuh Jurnalis KuciakFoto ilustrasi jurnalis yang sedang mencatat hasil investigasinya

Melansir dari DW, jurnalis Jan Kuciak sebelum dibunuh diketahui telah menyelidiki bisnis yang meragukan antara pengusahan kaya raya Slovakia, dengan mengaitkannya dengan politisi ternama dan mafia Italia. Artikel yang diterbitkan secara anumerta  dalam penyelidikan Kuciak, salah satu nama yang terdapat dalam artikel tersebut adalah Marian Kocner pengusaha kaya raya Slovakia.

Masih melansir dari DW, Karena namanya terdapat dalam penyelidikan Kuciak pengusaha Marian Kocner dicurigai telah membayar dan menyuruh orang untuk membunuh Kuciak. Tuduhan  tersebut telah dibantah oleh Kocner. Meski pada bulan September telah dibebaskan jaksa penuntut telah mengajukan banding atas putusan tersebut, yang dijadwalkan akan ditinjau oleh Mahkamah Agung pada 15-16 Desember mendatang.

Pembunuhan Jan Kuciak telah menimbulkan aksi protes kepada pemerintah dan menimbulkan krisis politik di Slovakia.

Baca Juga: Jurnalis Slovakia dan Kekasihnya Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya