Setelah Banjir Parah Kini Vietnam Diserang Topan Molave

Filipina juga terkena dampak topan Molave

Vietnam, IDN Times - Belum pulih dari banjir besar, rabu (28/10) Vietnam dilanda Topan Molave yang menyebabkan bandara ditutup dan perlu mengusingkan banyak orang.

Mengutip dari Channel News Asia, melaporkan bahwa kekuatan angin yang menghancurkan rumah dan pohon ini mencapai 145 km/jam. Topan Molave juga menyebabkan korban tewas dan 26 orang nelayan hilang dan kini Vietnam harus bersiap mengungsikan 1,3 juta orang.

1. 26 Nelayan hilang setelah dilanda Topan Molave

Setelah Banjir Parah Kini Vietnam Diserang Topan MolaveIlustrasi foto nelayan. Sumber: unsplash.com/Mega Caesaria

Topan Molave tidak hanya menghancurkan bangunan dan perpohonan, melansir dari Al Jazeera, topan Molave juga menyebabkan dua orang tewas dan dikabarkan ada 26 nelayan yang hilang. Karena adanya topan saat ini Vietnam memberlakukan larangan memancing.

Badai selanjutnya yang akan datang diperkirakan akan membawa hujan dan angin berbahaya saat menerjang pegunungan di Asia Tenggara, yang akan menimbulkan potensi banjir bandang dan tanah longsor.

2. Vietnam bersiap mengungsikan 1,3 juta orang

Setelah Banjir Parah Kini Vietnam Diserang Topan MolaveIlustari orang-orang yang sedang bersiap mengungsi. Sumber: unsplash.com/Nathaniel Silson

Musibah topan dan banjir yang sedang dihadapi Vietnam membuat 375.000 orang saat ini direlokasi ke tempat yang lebih aman. Bencana ini menyebabkan 1,2 juta orang dalam bahaya dan diperkirakan ada 150 ribu orang mengalami krisis pangan.

Menurut situasberita CNN, otoritas Vietnam saat ini berencana mengevakuasi sekitar 1,3 juta orang menjelang pendaratan Topan Molave. Dalam evakuasi ini Vietnam akan mengerahkan militer sekitar 250.000 tentara dan 2.300 kendaraan untuk digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga: Segera Lakukan 5 Hal Ini Bila Kendaraan Kamu Terendam Banjir 

3. Banjir telah menewaskan 136 orang 

Setelah Banjir Parah Kini Vietnam Diserang Topan MolaveIlustrasi kota yang terendam banjir. Sumber: unsplash.com/ Chris Gallagher

Pada bencana banjir yang masih belum usai melanda Vietnam selama berminggu-minggu telah memakan korban jiwa 136 orang dan puluhan orang dikabarkan hilang. 

Bencana alam angin topan dan banjir menbuat 7.200 hektar tanaman pangan dimusnahkan dan lebih dari 691.000 sapi dan unggas dibunuh atau hanyut dalam banjir, selain itu akibat bencana enam belas jalan raya sepanjang 161.880 meter (101 mil) jalan lokal di empat provinsi mengalami kerusakan, melansir dari CNN.

Situasi ini membuat perekonomian Vietnam semakin terpuruk krisis virus corona belum usai kini harus menghadapi banjir dan angin topan.

Baca Juga: Segera Lakukan 5 Hal Ini Bila Kendaraan Kamu Terendam Banjir 

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya