Bolsonaro Buka Kesempatan Pembangunan Pangkalan Militer AS di Brazil

Sekutu baru untuk AS?

Brasil, IDN Times - Pemerintah Brasil melalui Presiden Jair Bolsonaro, pada hari Kamis (03/01) menyatakan bahwa Brasil membuka pintu kesempatan untuk Amerika Serikat jika ingin mendirikan pangkalan militernya di Brasil.

Presiden Bolsonaro merupakan presiden terpilih Brasil ke-38 yang mulai menjabat sejak tanggal 1 Januari 2019 dan memiliki pergeseran pandangan tajam terhadap masa depan kebijakan luar negeri Brasil, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Dukungan Rusia terhadap Venezuela dianggap mengancam keamanan regional

Bolsonaro Buka Kesempatan Pembangunan Pangkalan Militer AS di BrazilBusiness Insider

Dikutip dari RFE/RL, Presiden Jair Bolsonaro mengkhawatirkan dukungan dan hubungan yang terjalin antara Rusia-Venezuela karena dianggap dapat mengancam keamanan regional.

Kepemimpinan Nicolás Maduro di Venezuela banyak dicap sebagai kepemimpinan diktator yang merusak citra serta mengancam keamanan Amerika Selatan. Federasi Rusia sendiri terus mendukung Maduro baik secara diplomatik, keamanan, maupun ekonomi tanpa memedulikan protes dari banyak negara.

Brasil yang sebelumnya memilih tidak ikut campur kedalam krisis Venezuela sekarang sudah mulai menunjukkan kebijakan politik luar negeri baru dibawah komando Presiden Bolsonaro. 

2. Bolsonaro siap bernegosiasi bersama AS

Bolsonaro Buka Kesempatan Pembangunan Pangkalan Militer AS di BrazilRT

Ancaman yang nyata membuat Presiden Bolsonaro menunjuk Amerika Serikat untuk terlibat lebih jauh dalam menangani krisis Venezuela.

Sebagai pendukung pemerintahan diktator militer di Brasil 1964-1985 dan Presiden Donald Trump, Bolsonaro menyatakan bahwa dirinya siap untuk bernegosiasi jika Pemerintah Amerika Serikat ingin mendirikan lapangan militer di Brasil, dilansir dari Reuters.

Dukungan besar dan baru yang diarahkan kepada AS dari Presiden Jair Bolsonaro membuat perubahan aroma politik di Amerika Selatan yang selama ini terlihat sangat netral. 

3. Sekutu baru atau ada maksud lain?

Bolsonaro Buka Kesempatan Pembangunan Pangkalan Militer AS di BrazilZenith News

Presiden Bolsonaro tidak segan-segan mendukung Pemerintahan AS dibawah kepemimpinan Presiden Trump dan kerjasama barunya bersama Pemerintah Israel. Teknologi sains dan militer yang dimiliki AS-Israel menjadi salah satu alasan mengapa Bolsonaro melihat potensi yang sangat besar dari kedua negara tersebut untuk membantu penyelesaian masalah keamanan dan kartel narkoba di Brazil.

Pemerintah Brazil juga sudah merencanakan pembelian drone militer dan beberapa alutsista militer lainnya dari AS maupun Israel. Melihat secara langsung apa yang sedang terjadi di Brasil, terlihat dengan jelas Pemerintahan Brasil sedang mengupayakan kedekatan yang tidak biasa ke arah barat yaitu, Amerika Serikat.

Meskipun begitu belum dapat dipastikan apakah Brasil akan menjadi sekutu baru AS di Amerika Selatan, hanya perkembangan hubungan Brasil-AS kedepannya yang dapat memberikan jawaban pasti.

Baca Juga: Pelantikan Kongres Amerika Serikat Ke-116 Ini Lebih Menarik, Kenapa?

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya