Kapal Induk Tercanggih Inggris Tiba di Singapura

Unjuk kekuatan serius demi menghadang Tiongkok

Jakarta, IDN Times - Kapal Induk kebanggaan Angkatan Laut Kerajaan Inggris HMS Queen Elizabeth berlabuh di Singapura. Kapal terbesar yang dimiliki AL Inggris itu tiba pada Senin (11/10), setelah Juli 2021 lalu kedua negara sudah sempat melaksanakan latihan gabungan di bagian bawah Laut China Selatan.

Melansir Reuters, Kapal Induk HMS Queen Elizabeth merupakan satu dari dua kapal induk yang dimiliki AL Inggris, yakni HMS Prince of Wales. Setidaknya diperlukan 4 miliar dollar AS atau setara dengan 56 triliun rupiah untuk membangun HMS Queen Elizabeth, di mana angka tersebut membuatnya sebagai alutsista militer paling berharga milik Kerajaan Inggris. 

1. Inggris berencana tugaskan dua kapal perang secara permanen di Asia

Kapal Induk Tercanggih Inggris Tiba di SingapuraSatuan Serang Kapal Induk Inggris sedang berlayar. twitter.com/BoycottHegemony

Kedatangan HMS Queen Elizabeth ke Singapura menunjukkan komitmen Inggris menjaga ketertiban dan keamanan laut. Mengetahui pentingnya perairan Asia di mata London, pemerintah Inggris berencana menugaskan secara permanen dua kapal perangnya untuk menjamin keamanan laut internasional, seperti yang dilansir Reuters.

Rencana ini tentu disambut baik oleh Amerika Serikat (AS) yang telah terlebih dahulu berada di garis depan menghadapi ancaman kebebasan navigasi, secara khusus di Laut China Selatan.

Meskipun pemerintah Inggris tidak secara eksplisit menyebutkan kehadiran militernya adalah respon terhadap aksi agresif Tiongkok, namun banyak ahli sepakat jika kedatangan kapal-kapal perang milik AL Inggris merupakan tanggapan resmi London atas Beijing.

2. HMS Queen Elizabeth laksanakan latihan dengan Singapura

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bisnis Bareng Pengusaha Singapura

Kapal Induk HMS Queen Elizabeth yang tergabung dalam Satuan Serang Kapal Induk Inggris ternyata dilaporkan telah melaksanakan latihan gabungan bersama Singapura.

Dikutip dari situs resmi pemerintah Inggris, Satuan Serang Kapal Induk Inggris pada Sabtu (09/10) berhasil mengadakan serangkaian latihan laut dan udara gabungan dengan militer Singapura. 

Salah satu latihan mereka yang paling fenomenal adalah latihan manuver pesawat tempur F-35 milik AL Inggris bersama F-16 AU Singapura. Menurut pernyataan resmi London, kedatangan dan latihan yang dilakukan adalah sebagai wujud komitmen Inggris meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Singapura. 

3. Mengantisipasi ekspansi Republik Rakyat Tiongkok

Kapal Induk Tercanggih Inggris Tiba di SingapuraBendera Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. twitter.com/LokmanKaradag1

Kebijakan luar negeri Inggris yang sebelumnya tidak terlihat anti Tiongkok sekarang mulai semakin jelas sejak kesepakatan Pakta AUKUS. Terdiri dari Australia, Inggris, dan AS, AUKUS secara resmi menjadi aliansi terkuat di Asia Pasifik yang bertujuan menghentikan ekspansi Tiongkok.

Dilaporkan Reuters, Inggris sejak awal tahun 2021 terlihat aktif di kawasan Asia dengan melakukan kunjungan dan latihan gabungan bersama beberapa negara mitranya. Selain Singapura, satu bulan yang lalu Satuan Serang Kapal Induk Inggris juga mengunjungi Jepang dan melaksanakan latihan gabungan.

Perkembangan dinamis yang ditunjukkan Inggris di Asia membuktikan bahwa Republik Rakyat Tiongkok adalah ancaman serius yang tengah dihadapi Negara Barat. 

Baca Juga: Profil Kishore Mahbubani, Akademisi Singapura yang Sebut Jokowi Jenius

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya