Ketegangan Suriah Memuncak, Jet Tempur Israel Unjuk Kekuatan di Tel Aviv

Taji-taji mulai diperlihatkan

Nomor darurat kepolisian Israel pada hari Kamis (12/04/2018) menyala setiap saat ketika pesawat jet tempur Israel melakukan manuver aerobatik dan mengeluarkan suar anti misil di Pesisir Tel Aviv. Kejadian ini sempat membuat warga sekitar ketakutan karena tidak ada pemberitahuan ataupun pengumuman oleh militer Israel, seperti yang dilansir Reuters.

1. Sempat membuat satu kota Tel Aviv ketakutan

Ketegangan Suriah Memuncak, Jet Tempur Israel Unjuk Kekuatan di Tel AvivHamodia

Dua pesawat jet tempur F-15 militer Israel yang terbang di atas pesisir Ibu Kota Tel Aviv hampir membuat seluruh warga ketakutan. Suara yang menggelegar menjadi perhatian pertama warga Israel ketika secara tiba-tiba pesawat tempur Israel melakukan manuver khusus.Tidak hanya itu, mereka juga melihat pesawat militer tersebut mengeluarkan suar-suar bercahaya yang berguna sebagai anti misil.

Suasana yang bercampur aduk dan kekhawatiran yang memuncak, akhirnya membuat beberapa orang mulai menelpon nomor darurat kepolisian Israel untuk menyampaikan ketakutannya. Kepolisian Israel pun kaget ketika nomor darurat mereka menyala dan dipenuhi oleh orang-orang yang ketakutan karena pesawat jet mereka sendiri. 

2. Hanya latihan rutin biasa

Ketegangan Suriah Memuncak, Jet Tempur Israel Unjuk Kekuatan di Tel AvivArutz Sheva

Tidak adanya pemberitahuan oleh pemerintah ataupun militer Israel mengenai latihan yang akan datang, membuat warga yang tinggal di tepian Pesisir Tel Aviv tidak siap dan ketakutan ketika mendengar suara jet tempur Israel meraung di udara.

Menurut pernyataan Kepolisian Israel, jet-jet tempur mereka sedang melakukan manuver di atas Pesisir Tel Aviv dikarenakan sedang berlatih untuk aksi hari kemerdekaan Israel 19 April nanti. Mereka juga menjelaskan bahwa manuver tersebut adalah latihan tahunan Angkatan Udara Israel, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

3. Antara mempersiapkan diri untuk peringatan hari kemerdekaan atau konflik besar di Suriah?

Ketegangan Suriah Memuncak, Jet Tempur Israel Unjuk Kekuatan di Tel AvivSOTT

Kembali memuncaknya konflik di Suriah karena serangan senjata kimia yang terjadi di Kota Douma, telah menyebabkan ketegangan internasional yang sungguh parah. Pemerintah Israel dituduh oleh Suriah melancarkan serangan misil ke pangkalan udara mereka di Homs sebagai balasan yang tidak berdasar atas serangan senjata kimia tersebut.

Ketegangan dan hubungan tidak sehat bersama Suriah, membuat seluruh personel militer Israel baik yang berada di Dataran Tinggi Golan dan sekitarnya diminta untuk siap sedia menghadapi segala bentuk agresi Suriah. Tetapi masih belum ada kejelasan dari militer Israel, apakah latihan yang mereka lakukan di atas Pesisir Kota Tel Aviv adalah sebuah latihan persiapan aksi kemerdekaan, atau mempersiapkan diri untuk menghadapi segala bentuk serangan militer Suriah yang kemungkinan dapat tejadi apabila ketegangan terus memuncak hingga melewati batas.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya