Protes Keras Iran Hadapi KTT Global 'Anti-Iran' di Polandia

Iran benar-benar menolak konferensi ini

Teheran, IDN Times - Pemerintah Iran melalui Kementerian Luar Negerinya, pada hari Minggu (13/01) memanggil diplomat senior Polandia untuk menghadap langsung dan mendengarkan protes keras Pemerintah Iran atas rencana pelaksanaan KTT Global dengan isu "Timur Tengah dan Iran" di Polandia.

KTT Global yang disponsori Amerika Serikat ini akan membahas seluruh masalah keamanan dan stabilitas di Timur Tengah, secara khusus Iran, seperti yang dilansir dari Reuters

1. Pesan anti-Iran Mike Pompeo

Protes Keras Iran Hadapi KTT Global 'Anti-Iran' di PolandiaYahoo News

Dikutip dari The Washington Post, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, sejak beberapa hari yang lalu sedang melakukan tur panjang di Timur Tengah untuk mempromosikan pesan anti-Iran yang merupakan kebijakan Administrasi Trump.

Mike Pompeo sendiri juga menyatakan bahwa konferensi internasional untuk membahas masalah Iran dan Timur Tengah akan dilaksanakan di Warsawa pada tanggal 13-14 Februari 2019 mendatang. 

Mike Pompeo menegaskan pertemuan ini akan, "fokus pada stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah, kebebasan dan keamanan di kawasan, dan termasuk elemen penting untuk memastikan bahwa Iran bukan pengaruh distabiliasi", ujarnya. 

2. Menteri Luar Negeri Iran menganggap pertemuan tersebut sebagai sebuah pertunjukan "sirkus"

Pemerintah Iran sangat menanggapi serius konfrensi internasional tersebut yang akan berlangsung pada tanggal 13-14 Februari nanti di Warsawa, Polandia. Gara-gara hal ini Pemerintah Iran langsung memanggil charge d’affaires Polandia dan berencana membatalkan festival Pekan Film Polandia jika konferensi itu tetap akan berlangsung.

Kementerian Luar Negeri Iran menekankan kepada charge d’affaires Polandia di Teheran kalau pertemuan tersebut akan dianggap sebagai "aksi bermusuhan terhadap Iran", dan memperingatkan mereka bahwa Iran akan membalas, dilansir dari Reuters. Selain itu, Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, melalui akun twitter-nya menjelaskan jika konferensi internasional tersebut adalah sebuah pertunjukan "sirkus" anti-Iran yang didukung Amerika Serikat. 

3. Ancaman AS selalu siap menerkam Iran

Protes Keras Iran Hadapi KTT Global 'Anti-Iran' di PolandiaWFAE

Hubungan Iran-Amerika Serikat yang terus menurun sejak Trump pada bulan Mei 2018 lalu menarik AS dari Persetujuan Nuklir Iran 2015, membuat Iran selalu dibayangi ancaman dan sanksi baru. Permasalahan dominasi Iran yang menyebabkan ketidakstabilan di Timur Tengah menurut pandangan Pemerintah AS, membuktikan pesan anti-Iran yang terus gencar disuarakan pejabat AS dan pendukungnya.

KTT Global dengan isu utama "Timur Tengah dan Iran" ini dianggap sebagai sebuah jalan keluar yang dapat digunakan AS untuk mendapat dukungan internasional demi menghentikan dominasi Iran. Ancaman yang selalu siap menerkam Iran kapan saja sungguh menunjukkan komitmen Pemerintah Amerika Serikat untuk benar-benar menghadapi Iran yang juga sangat siap menghabisi dominasi AS di Timur Tengah.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya