Comscore Tracker

Tik Tok Bergegas Hapus Video Bunuh Diri Setelah Tersebar Luas

Jangan terpancing untuk menonton

Mississippi, IDN Times - Tik Tok mulai melakukan tindakan preventif dan pengusutan pada hari Senin (07/09), setelah menyebarnya video bunuh diri di aplikasi yang sangat populer di dunia maya tersebut. 

Ronnie McNutt seorang Veteran Amerika Serikat berumur 33 tahun menyiarkan video bunuh dirinya pada tanggal 31 Agustus 2020 secara live melalui Facebook, namun beberapa akun Tik Tok yang tidak bertanggung jawab menyebarkan momen video ketika ia menembakkan shotgun ke kepalanya, seperti yang dilansir dari DailyStar

1. Video bunuh diri mulai menyebar Minggu malam

Tik Tok Bergegas Hapus Video Bunuh Diri Setelah Tersebar LuasCuplikan gambar dari video bunuh diri Ronnie McNutt yang tersebar luas di aplikasi Tik Tok. twitter.com/cherriesflavor

Tidak ada menyadari bahwa video bunuh diri dapat tersebar luas di salah satu aplikasi paling populer di dunia, Tik Tok. Dikutip dari The Verge, video tersebut mulai tersebar sejak minggu malam di aplikasi Tik Tok dan sudah banyak pengguna yang menjadi korban video brutal ini yang seharusnya bisa diantisipasi.

Banyak dari pengguna Tik Tok tidak sengaja menemukannya di beranda mereka dan dikarenakan terdapat pengaturan awal video berupa auto play atau video dimulai secara otomatis, maka video bunuh diri itu langsung dimainkan tanpa ada peringatan apa-apa. Mereka yang menjadi korban merasa sangat kaget dan tertekan setelah menonton video tidak layak konsumsi itu di aplikasi Tik Tok. 

2. Tik Tok akan hapus seluruh akun re-uploader

Tik Tok Bergegas Hapus Video Bunuh Diri Setelah Tersebar LuasIlustrasi pencampuran Logo Microsoft dan TikTok. twitter.com/tomwarren

Setelah mengetahui video mulai tersebar di aplikasinya, Tik Tok langsung bertindak cepat guna mengantisipasi penyebaran yang tidak terkendali. Menurut salah satu Juru Bicara Tik Tok di ByteDance, sistem di aplikasi Tik Tok sudah mendeteksi asal usul penyebaran video yang telah melanggar kode etik dan mereka juga memastikan bahwa seluruh akun yang melakukan re-uploading video terkait akan langsung dihapus, dilansir dari DailyStar

Selain akan melakukan tindakan preventif lebih mendalam terhadap penyebaran video bunuh diri, Tik Tok juga mengajak penggunanya agar tidak ragu untuk menghubungi nomor-nomor bantuan yang tertera di pusat bantuan Tik Tok apabila memiliki pemikiran untuk melakukan bunuh diri ataupun mengetahui seseorang yang hendak melakukan hal yang sama. 

3. Orang tua diminta untuk melarang anak mereka bermain Tik Tok

Tik Tok Bergegas Hapus Video Bunuh Diri Setelah Tersebar LuasSosial media. Image by PhotoMix/Pixabay

Tersebar luas dan seperti tidak terkendali, hal ini membuat banyak orang was-was karena kebrutalan yang dihasilkan video bunuh diri Ronnie McNutt, salah satunya adalah orang tua yang anaknya pengguna Tik Tok. Dilaporkan ABC, orang tua diminta untuk melarang anak-anak mereka mengakses Tik Tok sementara waktu karena adanya ancaman psikologis besar jika ada dari mereka yang belum cukup umur harus melihat video itu karena ketidaksengajaan.

Beberapa pengguna Tik Tok juga meminta bagi mereka yang belum melihat untuk menjauhi bagian "For You" di aplikasi Tik Tok karena menurut mereka dari situlah video berasal. Tidak hanya itu, beberapa orang juga sudah melihat video itu mulai tersebar di bagian yang populer dengan anak-anak, seperti video anak kucing dan anak anjing. 

Baca Juga: Pahami Soal Rasa, Ini 3 Upaya untuk Mencegah Bunuh Diri 

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya