Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Dunia

Mereka menguasai parlemen

Peran partai politik memang tak bisa dihilangkan dalam sebuah negara. Proses politik di sebuah negara salah satunya bergantung pada keberadaan partai politik dengan para simpatisannya. Sebaliknya, agar diakui di kancah politik, mereka juga harus mengumpulkan masa sebanyak-banyaknya. Berikut ini adalah 5 partai politik terpopuler di dunia berdasarkan jumlah anggotanya.

1. Partai Demokrat (Amerika Serikat)

Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Dunia1011now.com

Partai yang mengusung kandidat Hillary Clinton pada pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2016 ini merupakan salah satu partai politik tertua di Amerika serikat. Partai ini merupakan partai yang sangat liberal dan merupakan salah satu yang terkuat bersama Partai Republik yang mengusung Donald Trump. Jumlah keanggotaan partai Demokrat diperkirakan sebanyak 41.341.965 juta orang pada tahun 2016.

2. Partai Tehreek-e-Insaf (Pakistan)

Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Duniawww.radiotnn.com

Partai ini didirikan pada tahun 1996 oleh mantan pemain kriket Pakistan, Imran Khan. Partai ini merupakan salah satu yang terbesar di Pakistan dengan keanggotaan 10 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2013. Pada pemilihan umum tahun 2013, partai ini berhasil mendapatkan sebesar 7,5 juta suara.

3. Partai Sosialis (Prancis)

Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Duniactvnews.com

Dengan lebih 70.000 anggota, partai ini mendapatkan suara sebesar 40% di perlemen Prancis yang menjadikannya sebagai salah satu partai politik terbesar di negara itu.

4. Partai Komunis Tiongkok (Tiongkok)

Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Duniacnn.com

Sebagai partai tunggal, partai ini merupakan penguasa di Tiongkok. Bahkan, sebagai partai terbesar kedua di dunia, partai ini menguasai 70% kursi di parlemen dengan jumlah keanggotaan sebesar 88 juta orang pada tahun 2016.

5. Partai Bharatiya Janata (India)

Miliki Jutaan Anggota, Ini 5 Partai Terpopuler di Dunialivermint.com

Bharatiya Janata merupakan salah satu dua partai penting di India bersama dengan partai National Congres India. Pada tahun 2016, partai Bharatiya Janata menjadi partai terbesar di India dengan jumlah keanggotaan 110 juta orang di India dan dunia. Jumlah itu sekaligus membuat partai tersebut menjadi yang terbesar di seluruh dunia jika dilihat dari jumlah anggotanya.

albert levin Photo Writer albert levin

mari berbagai informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya