Arkeolog Temukan Koin Emas Langka di Israel

Usianya diperkirakan 900 tahun lebih lho

Caesarea, IDN Times - Para arkeolog berhasil menemukan koin-koin emas yang diprediksi telah 'bersembunyi' selama lebih dari 900 tahun. Koin-koin itu ditemukan di antara bebatuan dekat sumur di kota pelabuhan tua Israel, Caesarea. Di antara koin-koin itu terdapat satu anting emas.

1. Koin-koin itu ditemukan di dalam pot perunggu

Arkeolog Temukan Koin Emas Langka di Israelafp via ndtv.com

Dikutil BBC, Haaretz dan Jerusalem Post pada Selasa (4/6/2018), total ada 24 koin yang ditemukan di tempat itu. Kemungkinan besar koin-koin itu sengaja disembunyikan oleh seseorang namun sayangnya tidak pernah diambil kembali. Para arkeolog menyebutkan pemilik koin ini kemungkinan tewas saat kota tersebut diserang oleh tentara salib pada tahun 1101.

2. Penemuan ini terjadi saat proyek ekskavasi dan konservasi di situs warisan dunia Caesarea

Arkeolog Temukan Koin Emas Langka di Israelhaaretz.com

Para ahli telah mengidentifikasi jika koin-koin itu berasal dari akhit abad ke-11. Itu artinya koin ini telah berusia hampir 10 abad. Arkeolog dari Otoritas Barang Antik Israel menyebut jika koin ini merupakan saksi bisu atas salah satu kejadian paling dramatis sepanjang sejarah Caesarea yakni penaklukan kota oleh tentara salib.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Tengkorak Bangsawan Wanita Terkubur 1800 Tahun Lalu

3. Kemungkinan besar pemilik koin ini sengaja disembunyikan untuk diambil kembali. Namun sayang, pemilik koin tidak sempat mengambilnya

Arkeolog Temukan Koin Emas Langka di Israeljerusalempost.com

Berdasarkan sumber tertulis, sebagian besar wilayah Caesarea diserang oleh tentara Baldwin I, seorang yang berkuasa di tentara salib Kerajaan Yerusalem antara tahun 1100 hingga 1118. Sehingga para arkeolog menduga, pemilik koin emas ini kemungkinan tewas karena pembantaian atau dijual untuk perbudakan sehingga tidak bisa mengambil kembali harta mereka. 

4. Ini penampakan koin-koin dan anting itu secara menyeluruh

Arkeolog Temukan Koin Emas Langka di Israelhaaretz.com

Penemuan terbaru ini ditemukan dekat dengan lokasi penemuan barang lain yang juga berasal dari periode yang sama. Sebelumnya ditemukan pot emas dan perhiasan perak di tahun 1960an dan koleksi kapal perunggu di tahun 1990an.

Sebelumnya juga pada tahun 2015, penyelam secara tidak sengaja menemuka harta karun terbesar di pantai Mediterrania Israel. Ada sekitar 2.000 keping koin yang berusia lebih dati 1.000 tahun atau sepuluh abad. Semua penemuan kini ditampilkan di Museum Israel di Jerusalem. 

Baca Juga: Para Arkeolog Temukan Salinan Tertua Salah Satu Sejarah Penting Yunani

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya