Bangladesh ‘Kembalikan’ Pengungsi Rohingya ke Myanmar

Gimana nasib mereka nanti?

Bangladesh, IDN Times - Puluhan ribu warga Rohingya yang mengungsi di Bangladesh bakal dipulangkan ke Myanmar. Itu menyusul setelah adanya kesepakatan antara Bangladesh dan Myanmar yang baru ditandatangani belum lama ini.

Dilansir dair BBC, Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengatakan pemulangan etnis Rohingya ke Myanmar akan berlangsung selama dua bulan. Proses pemulangan etnis Rohingya ke Myanmar sendiri hingga kini masih dibicarakan.

Menteri Luar Negeri Bangladesh, Mahmood Ali mengatakan hal ini adalah langkah pertama, dan pejabat senior Myanmar, Myint Kyaing menjamin negaranya siap menerima etnis Rohingya sesegera mungkin. Meski begitu, tidak sedikit juga warga Rohingya yang merasa takut untuk kembali ke Myanmar.

Satu warga Rohingya yang mengungsi di Bangladesh mengatakan mereka menginginkan jaminan kewarganegaraan dan tanah mereka dikembalikan. Mengingat, selama ini mereka selalu menjadi korban kekerasan dan tempat tinggalnya telah dibumihanguskan.

“Kami akan kembali jika mereka tidak mengganggu kami dan jika kami bisa menjalani kehidupan seperti umat lainnya,” tutur Sayed Hussein. (http://www.bbc.com/news/world-asia-42094060)

Dikutip dari News18.com, lebih dari 600 ribu warga Rohingya mencari perlindungan di Bangladesh setelah militer memorakporandakan desa mereka di negara bagian Rakhine. Pemulangan warga etnis Rohingya ini rencananya akan melibatkan PBB.

Setibanya di Myanmar nanti, etnis Rohingya akan tinggal di kamp darurat dekat rumah mereka yang hancur. Pemerintah Bangladesh menyarankan Myanmar untuk mengambil bantuan dari India dan China untuk membangun kamp bagi etnis Rohingya nanti.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya