Keji! Puluhan Gajah Mati di Botswana Akibat Perburuan Liar

Dibunuh lalu diambil gadingnya. Jahat banget!

Botswana, IDN Times - Sebanyak hampir 90 bangkai gajah ditemukan di dekat tempat perlindungan satwa liar di Botswana. Penemuan ini menjadi skala kematian akibat perburuan liar terbesar di Afrika.

Diwartakan BBC dan MSN pada Senin (3/9/2018), Elephants Without Borders yang melakukan survei udara, mengatakan lonjakan kematian gajah karena perburuan liar terjadi setelah unit anti perburuan Botswana dilucuti. Ilmuwan yang melakukan survei satwa liar mengatakan sebanyak 87 gajah itu mati diburu gadingnya. Selain itu lima badak putih juga ikut diburu dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

1. Pembunuhan ini menjadi perburuan terbesar yang terjadi di Afrika

Keji! Puluhan Gajah Mati di Botswana Akibat Perburuan Liarelephant with out borders via bbc

Dr Mike Chase dari Elephants Without Borders merasa terkejut dengan banyaknya bangkai gajah yang ditemukannya. Ia mengatakan penemuan itu merupakan skala perburuan terbesar di Afrika.

Dalam sensus gajah yang dilakukan pada tahun 2015, diketahui jika sepertiga gajah Afrika telah terbunuh dalam satu dekade terakhir. Sementara 60 persen gajah Tanzania 'hilang' dalam kurun waktu lima tahun.

2. Gajah itu dibunuh kemudian diambil gadingnya

Keji! Puluhan Gajah Mati di Botswana Akibat Perburuan Liarelephant wihout borders via bbc

Botswana memiliki populasi gajah terbesar di dunia. Namun aksi para pemburu sangat kelewatan. Mereka dengan keji membunuh gajah, kemudian memburu gadingnya.

Sebelumnya, Botswana memiliki reputasi sebagai negara yang tidak memberi ampun pada pemburu. Insiden perburuan di negara itu jarang terjadi karena adanya unit anti-perburuan yang bersenjata dan dikelola dengan baik. Namun sayangnya, unit itu dilucuti senjatanya pada Mei lalu.

Dengan sekitar 130 ribu ekor gajah, Botswana digambarkan sebagai tempat perlindungan terakhir di Afrika. Nah, perburuan masal yang baru-baru ini ditemukan menarik perhatian karena bangka-bangkai gajah itu ditemukan dekat dengan perlindungan satwa liar Okavango Delta. 

3. Semoga saja masalah ini jadi perhatian dunia ya

Keji! Puluhan Gajah Mati di Botswana Akibat Perburuan Liardefenders.org

Para konservasionis khawatir masalah perburuan ini akan diabaikan pemerintah karena dianggap bisa merusak reputasi negara. Mengingat selama ini Botswana selalu berada di garis depan konservasi. Elephants Without Borders pun kini terus mendorong agar pemerintah khususnya Presiden yang baru, Mokgweetsi Masisi bisa segera mengambil kebijakan baru.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya