Gara-gara Insektisida, Jutaan Lebah Mati di Afrika Selatan

Insiden ini sampai bikin produksi madu terganggu, wah!

Cape Town, IDN Times - Lebih dari satu juta ekor lebah mati di area produksi wine di Cape Town, Afrika Selatan. Lebah-lebah ini diduga mati karena keracunan insektisida yang digunakan para petani anggur untuk mengusir serangga.

Para petani anggur ini menggunakan insektisida jenis Fipronil yang selama ini disebut-sebut menjadi penyebab kematian jutaan lebah madu di Eropa. Karena kandungan racunnya yang tinggi, Fipronil telah dilarang digunakan di Eropa sejak 2013.

1. Penggunaan insektisida ini berdampak pada petani lebah yang ada di sekitar area tersebut

Gara-gara Insektisida, Jutaan Lebah Mati di Afrika Selatanthesouthafrican.com

Dilansir BBC dan South Africa News, sekitar 100 sarang lebah atau sekitar 35 hingga 40 persen sarang lebah yang dimiliki petani lebah di sekitar area itu terinfeksi insektisida tersebut. Brendan Ashley-Cooper, Wakil Ketua Asosiasi Industri Lebah Western Cape menyebutkan jika total lebah yang mati masih belum bisa dipastikan. Namun dia memperkirakan lebah yang mati sekitar 1 hingga 1,5 juta ekor.

2. Insektisida digunakan para petani anggur untuk mematikan semut yang mengganggu. Namun ternyata insektisida ini mempengaruhi populasi lebah

Gara-gara Insektisida, Jutaan Lebah Mati di Afrika Selatangreenpeace.org

Fipronil telah digunakan cukup lama oleh para petani anggur di Cape Town untuk mengendalikan populasi semut. Namun baru kali ini, penggunaan fipronil menjadi 'tersangka' utama atas kematian jutaan lebah.

Tes lebih lanjut sedang dilakukan untuk mencari tahu lebih lanjut apakah fipronil benar menjadi biang keladi kematian jutaan lebah itu. Para petani anggur dan pemerintah ikut turun tangan bersama petani lebah untuk menangani masalah ini.

Untuk diketahui Fipronil sebelumnya membuat geger negara-negara Eropa. Supermarket-supermarket yang ada terpaksa menarik telur yang dijual karena diduga terkontaminasi fipronil. Telur itu terinfeksi dari makanan yang dikonsumsi ayam. Karena dianggap membahayakan, fipronil kini dilarang di Eropa.

Baca Juga: Sidney Diteror Ribuan Lebah, Anehnya Hinggap di Satu Motor Saja

3. Insiden ini dipastikan akan mempengaruhi produksi madu di Afrika Selatan

Gara-gara Insektisida, Jutaan Lebah Mati di Afrika Selatangeographical.co.uk

Kasus kematian jutaan lebah ini mulai muncul sejak pekan lalu. Asosiasi industri lebah menyebutkan mendapatkan laporan dari para pembudidaya atau petani lebah jika lebah-lebah mati di depan sarangnya sejak sekitar seminggu yang lalu. Bukan hanya lebah yang dibudidaya, lebah-lebah liar juga diduga terinfeksi dan menghadapi ancaman kematian ini.

Karena insiden ini, Brendan menyebut jika produksi madu terganggu. Meski tidak banyak namun kematian jutaan lebah ini bisa membuat madu yang dijual di pasaran berkurang.

Baca Juga: Ngeri, Video Ini Menunjukkan Cara Koloni Lebah Membunuh Ratu Mereka Sendiri

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya