India Terancam Kekeringan di Tahun 2020

70 persen sumber airnya juga tercemar polusi

New Delhi, IDN Times - Krisis air mengancam masyarakat India. Sekitar 600 juta orang diprediksi akan kekurangan air. Dalam laporan Niti Aayog yang dikutip BBC, berdasarkan data yang diambil dari 24 negara bagian di India, krisis air akan bertambah buruk dari tahun ke tahun. Sebanyak 21 kota kemungkinan akan kehabisan air tanah pada tahun 2020.

1. Saat ini sudah ada beberapa kota yang langganan kehabisan air saat musim panas

India Terancam Kekeringan di Tahun 2020newsx.com

Laporan tersebut mengatakan krisis air ini mengancam stabilitas pangan karena 80 persen air digunakan untuk pertanian. Saat ini kota-kota di India sudah langganan kehabisan air di musim panas karena mereka tidak memiliki infrastruktur untuk mengalirkan air ke setiap rumah. Selain itu di kawasan pedesaan, warga kesulitan mendapat akses air bersih.

2. Warga di pedesaan biasanya mengandalkan tangki-tangki dari perusahaan swasta atau pemerintah

India Terancam Kekeringan di Tahun 2020greenubuntu.com

Dalam laporan Niti Aayog itu disebutkan 200 ribu warga India meninggal setiap tahun karena tidak memiliki akses ke air bersih. Warga hanya mengandalkan pemasok air milik swasta atau tangki-tangki yang dibayar pemerintah.

Ketika tangki-tangki datang, warga selalu mengantre untuk mendapat air. Selain itu, 70 persen sumber air telah diidentifikasi tercemar dan tidak bisa dikonsumsi. Air yang bisa diakses masyarakat adalah air yang terkontaminasi zat-zat berbahaya.

3. Beberapa negara bagian di India sudah melakukan manajemen pengelolaan air dengan baik. Namun ada juga yang masih belum melakukannya

India Terancam Kekeringan di Tahun 2020entertales.com

Beberapa negara bagian diketahui telah berupaya untuk mengelola air. Negara bagian yang dinilai terbaik mengelola air adalah Gujarat kemudian Madhya Pradesh dan Andhra Pradesh. Namun sayangnya beberapa negara seperti Uttar Pradesh dan Haryana masih belum mengelola air dengan baik.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya