Wow, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Pesisir Skotlandia

Jadi titik terang untuk mengungkap kehidupan dinosaurus di era Jurassic Tengah

Jejak kaki dinosaurus prasejarah yang langka ditemukan di Inggris. Penemuan ini memberikan pencerahan mengenai periode Jurassic tengah. Penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Edinburgh dan Chinese Academy of Sciences itu dipublikasikan di Scottish Journal of Geology pada Senin (2/4/2018) 

1. Ini salah satu jejak kaki yang ditemukan di Skotlandia

Wow, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Pesisir Skotlandianationalgeographic

Dikutip CNN, National Geographic dan New York Times, 50 jejak kaki dinosaurus baru yang berusia 170 juta tahun ditemukan di Isle of Skye, Skotlandia. Jejak kaki, ditemukan di laguna di Brother's Point dan diyakini dibuat oleh dua dinosaurus jenis sauropoda berleher panjang dan theropoda bergigi tajam, sepupu Tyrannosaurus Rex (T-Rex).

2. Trek ini ditemukan pada 2016 dan kemudian ditindaklanjuti sebagai lokasi penelitian

Wow, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Pesisir Skotlandianationalgeographic

Penemuan ini membantu para peneliti melukis gambaran yang lebih akurat tentang kehidupan dinosaurus selama periode Jurassic tengah. Steve Brusatte, seorang penulis pendamping dalam penelitian ini, menjelaskan trek baru itu ditemukan oleh seorang mahasiswa pada tahun 2016 selama perjalanan ke Skye. "Kami secara teratur pergi ke sana untuk mencari jejak dan petunjuk dinosaurus," katanya.
 

3. Salah satu jejak kaki sebesar ban mobil diyakini merupakan jejak Sauropoda, dinosaurus leher panjang yang kuat dengan berat 10 ton

Wow, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Pesisir Skotlandianationalgeographic

Tim peneliti menggunakan drone untuk mengambil foto dan memetakan situs. Mereka mengidentifikasi ada 50 jejak kaki yang menyerupai dua garis jejak. Salah satu jejak kaki itu sebesar ban mobil dan diyakini merupakan jejak kaki sauropoda dengan berat lebih dari 10 ton dan panjang 15 meter.

4. Masih dibutuhkan waktu dan penemuan lain untuk mengungkap kehidupan dinosaurus di era Jurassic tengah ini. Namun penemuan ini menjadi langkah yang siginifikan.

Wow, Jejak Kaki Dinosaurus Ditemukan di Pesisir Skotlandianationalgeographic

Sementara penemuan jejak kaki theropoda di laguna adalah tanda bahwa pemakan daging mungkin berkeliaran di sekitar laguna ketika tidak sedang berburu. Brusatte mengatakan dibutuhkan lebih banyak perjalanan ke Skye untuk lebih memahami perilaku dinosaurus selama periode pertengahan Jurassic.

Diakuinya setiap fosil baru adalah petunjuk tentang sejarah kuno. Sehingga dibutuhkan penemuan lebih lanjut untuk mengungkap kehidupan dinosaurus di era Jurassic tengah. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya