Comscore Tracker

Nelayan Irlandia Temukan Fosil Rusa Berusia 10 Ribu Tahun

Awalnya dikira pohon, tahunya..

Arboe, IDN Times - Nelayan Ardboe, Raymond McElroy kaget. Saat menarik jaringnya di perairan Lough Neagh awal September lalu bukan ikan yang ia dapat. Ia justru menemukan fosil Rusa Irlandia (Irish Elk) yang sudah punah dan diprediksi berusia lebih dari 10.500 tahun.

1. Jaring Raymond mengangkut hampir seluruh tengkorak dan tanduk binatang itu

Nelayan Irlandia Temukan Fosil Rusa Berusia 10 Ribu Tahunbelfastlive.co.uk

Dikutip Live Science, News Week dan Belfastlive, fosil itu ditemukan di antara Salterstown Castle dan Ballyronan. Awalnya ia mengira yang muncul dijaringnya adalah batang pohon. Namun saat menariknya, ia kaget karena ternyata adalah tengkorak dan tanduk rusa Irlandia. Fosil yang ia temukan itu dalam kondisi sangat baik.

2. Pada tahun 2014, ditemukan juga tulang rahang Rusa yang diduga berusia 14 ribu tahun

Nelayan Irlandia Temukan Fosil Rusa Berusia 10 Ribu Tahunbelfaslive.co.uk

Pada tahun 2014, nelayan lain menemukan tulang rahang rusa Irlandia dari tempat yang sama. Di tahun 1987, seorang nelayan bernama Felix Conlon menjaring satu pasang induk yang menempel pada tengkorak yang dia berikan kepada sekolah setempat untuk ditampilkan.

3. Rusa Irlandia diketahui hidup sekitar 17 ribu tahun lalu

Nelayan Irlandia Temukan Fosil Rusa Berusia 10 Ribu Tahunlivescience.com

Penemuan fosil tengkorak dan tanduk oleh Raymon kembali menarik perhatian Museum Ulster. Dr Mike Simms dari Museum Ulster mengatakan Rusa-rusa Irlandia menjelajahi dataran rumput Irlandia sekitar 17 ribu tahun lalu. Mereka hidup selama 6.500 tahun. Perubahan lingkungan menyebabkan kepunahan mereka sekitar 10.500 atau 11 ribu tahun lalu.

Untuk saat ini, Raymond menyimpan fosil itu di garasinya sampai pemerintah memutuskan tempat permanen untuk fosil tersebut.

IAKT Photo Community Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You