Pilot-Awak Kabin Mogok, Ryanair Batalkan 150 Penerbangan

Waduh kenapa ya?

Frankfurt, IDN Times - Penumpang Ryanair yang dijadwalkan terbang ke dan dari Jerman dibuat repot, Rabu (12/9/2018). Pasalnya Ryanair membatalkan 150 penerbangan dari 400 pesawat yang dijadwalkan terbang ke dan dari Jerman. Waduh, kenapa ya? 

1. Pembatalan penerbangan ini dampak dari aksi mogok para pilot dan awak kabin

Pilot-Awak Kabin Mogok, Ryanair Batalkan 150 Penerbanganlastampa.it

Dilansir BBC dan Independent, para pilot dan awak kabin Ryanair diketahui melakukan aksi mogok 24 jam. Aksi mogok dilakukan karena belum adanya kesepakatan tentang gaji dan kondisi kerja. Sebelumnya aksi mogok ini terjadi di Jerman, Swedia, Irlandia dan Belanda.

Pada Agustus lalu, Ryanair membuat kesepakatan dengan para pilot mengenai gaji dan kondisi kerja ini. Namun sejak saat itu tujuh serikat pekerja yang mewakili awak kabin di Italia, Portugal, Belgia, Spanyol dan Belanda mengancam akan mengambil tindakan jika perusahaan tidak meningkatkan upah dan kondisi kerja. 

2. Ryanair menyebutkan upah yang diterima para pilot Ryanair sudah mencukupi

Pilot-Awak Kabin Mogok, Ryanair Batalkan 150 Penerbanganjoe.ie

Kepala Pemasaran Ryanair, Kenny Jacobs dalam konferesi persnya di Frankfurt menyatakan pilot Jerman mendapatkan 190 ribu Euro atau sekitar Rp 3,2 miliar. Perusahaan dirasa sudah cukup manusiawi karena memberikan lima hari kerja dalam seminggu dengan empat akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Aksi Pihak perusahaan tidak bisa menerima aksi mogok yang dilakukan para pilot dan awak kabin ini karena mengorbankan pelanggan.

3. Para penumpang yang jadi 'korban' ditawari penerbangan alternatif

Pilot-Awak Kabin Mogok, Ryanair Batalkan 150 Penerbangannews.sky.com

Sebagai bentuk pertanggungjawaban pada penumpang, Ryanair menawarkan penerbangan alternatif. Pihak Ryanair juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang.

Sejauh ini pihak Ryanair berusaha menyelesaikan permasalahan dengan karyawannya. Maskapai Ryanair baru menyetujui kesepakatan dengan pilot Italia dan Irlandia mengenai kondisi kerja dan pengupahan.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya