Red Alert, Skotlandia Bakal Dihantam Badai Salju Ekstrem

Cuaca sedang membahayakan

Edinburgh, IDN Times - Badan Meteorologi Inggris (Met Office) menaikkan peringatan cuaca menjadi red alert, Rabu (28/02/2018) waktu setempat. Peringatan cuaca ini berlaku di Skotlandia, Irlandia dan Inggris. Met Office memprediksikan akan ada badai salju ekstrem yang bakal melumpuhkan aktivitas Skotalndia dan seluruh penjuru Inggris. Red alert yang diluncurkan memiliki arti kondisi cuaca membahayakan nyawa sehingga warga harus melakukan antisipasi agar tetap aman dan berlaku sejak Rabu (28/02/2018) hingga Kamis (1/03/2018). 

1. Karena cuaca ekstrem, Organisasi Kesehatan Masyarakat Inggris mendesak warga untuk membeli persediaan makanan dan obat-obatan

Red Alert, Skotlandia Bakal Dihantam Badai Salju Ekstremmetro.co.uk

Di beberapa wilayah Inggris Utara dan Timur juga beberapa titik Skotlandia, Met Office meluncurkan peringatan Amber atau peringatan satu level lebih rendah dibanding red alert. Peringatan Amber memiliki arti cuaca buruk akan mengganggu sejumlah sarana transportasi, penutupan jalan hingga pemutusan sambungan listrik. Atas kondisi ini, Organisasi Kesehatan Masyarakat Inggris mendesak masyarakat untuk memiliki persediaan makanan yang cukup dan obat-obatan. 

2. Cuaca ekstrem membuat moda transportasi umum tidak beroperasi. Sejumlah stasiun hingga bandara tidak beroperasi

Red Alert, Skotlandia Bakal Dihantam Badai Salju Ekstremmetro.co.uk

Diwartakan BBC dan Metro, ribuan sekolah telah ditutup, kereta api dan bandara  juga tidak beroperasi. Badai salju ekstrem ini diprediksi akan melanda Edinburg menuju Glaslow hingga Kamis (1/3/2018) waktu setempat. Para penumpang kereta api telah diingatkan untuk tidak melakukan perjalanan dari atau menuju Skotlandia pada penghujung hari Rabu atau Kamis. Karena hal itu terjadi banyak penundaan perjalanan KA. Sekitar 50 stasiun di Kent rencananya tidak beroperasi pada Kamis (1/3/2018).

3. Warga diminta untuk tidak bepergian menggunaan kendaraan karena berpotensi terjebak salju di jalan

Red Alert, Skotlandia Bakal Dihantam Badai Salju Ekstremmetro.co.uk

Met Office memprediksi jalan-jalan akan tertutup salju cukup tinggi dan banyak kendaraan milik warga yang kemungkinan tertimbun. Pihak kepolisan Inggris telah mendesak warga untuk menghindari bepergian dengan menggunakan kendaraan karena sebagian besar rute utama telah ditutup. Sementara itu, semua penerbangan dari dan menuju Glasgow dibatalkan hingga Kamis. Sementara lebih dari 100 penerbangan di Heathrow juga ditunda. Layanan di London City juga ditangguhkan.

4. Suhu cuaca bakal lebih rendah dari minus 10 derajat celcius. Brrrrr!

Red Alert, Skotlandia Bakal Dihantam Badai Salju Ekstremmetro.co.uk

Lebih dari 2.624 sekolah di Inggris dan 1.600 di Skotlandia tidak beroperasi. Aliran listrik untuk masyarakat pedesaan akan dipadamkan. Gangguan sinyal ponsel diprediksi akan terjadi. Kondisi ini juga membuat sejumlah pertandingan olahraga tertunda. Met Office memperkirakan salju setinggi 10 cm akan menutupi jalan di sebagian wilayah Skotlandia dan Inggris Utara pada Kamis (1/3/2018) malam dan bisa menembus 40 cm di kawasan perbukitan. Para analis mengatakan suhu maksimum yang bakal terjadi pada Rabu dan Kamis akan berada di atas titik beku dan terasa lebih dari minus 10 derajat celcius. 

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya