Ini Wanita Pertama di Jepang yang Terbangkan Pesawat Tempur

Semoga bisa jadi inspirasi perempuan lainnya ya

Miyazaki, IDN Times – Misashi Matsushima Misa mencatatkan sejarah. Ia menjadi perempuan pertama di Angkatan Udara Jepang yang menerbangkan pesawat tempur. Tepat pada Kamis (23/8/2018), waktu setempat, Misashi resmi menjadi pilot pesawat tempur Japan Air Self Defense Force (JASDF).

1. Misa baru berusia 26 tahun loh!

Ini Wanita Pertama di Jepang yang Terbangkan Pesawat Tempurtwitter/JASDF_PAO

Diwartakan BBC, Japan Times dan Japan News, Misa yang berusia 26 tahun telah memenuhi syarat sebagai pilot jet tempur di JASDF. Misa mengatakan, mimpinya untuk menjadi seorang pilot akhirnya terwujud. Misa mengikuti upacara di sebuah markas JASDF di Perfektur Miyazaki yang menandai jika ia telah menyelesaikan pelatihan untuk menjadi pilot pesawat tempur F-15.

2. Misa bakal menjaga wilayah udara Jepang. Keren kan?

Ini Wanita Pertama di Jepang yang Terbangkan Pesawat Tempurtwitter/JASDF_PAO

Misa Matsushima telah menyelesaikan pelatihan penerbangan bersama lima orang lainnya. Dan ia menjadi satu-satunya wanita yang mengikuti pelatihan itu. Misa bersama lima orang lainnya diperkirakan akan mulai bekerja dan 'mengemudikan' jet tempur F-15 selama enam hingga 12 bulan mendatang. Nantinya mereka akan bertugas untuk berpencar dan mencegat pesawat yang masuk ke wilayah udara Jepang.

3. Sejak tiga tahun terakhir, Angkatan Udara Jepang memang menghapuskan persyaratan gender untuk kompetensi pilot

Ini Wanita Pertama di Jepang yang Terbangkan Pesawat Tempurtwitter/JASDF_PAO

Pelatih penerbangan, Osamu Uemori berharap Misa bisa menjadi teladan bagi perempuan lain untuk terus memperjuangkan mimpinya. Sehingga ke depan akan muncul pilot-pilot wanita lainnya. Misa Matsushima mulai ditugaskan ke Air Wing ke-5 di Pangkalan Udara Nyutabaru pada Jumat (24/8/2018). Misa juga akan melanjutkan pelatihannya di sana. 

Untuk diketahui, JASDF telah menghapus pembatasan gender pada personel yang ingin menjadi pilot pesawat tempur dan pengintaian pada November 2015. Semoga saja keberhasilan Misa ini menjadi inspirasi bagi wanita lain ya!

Baca Juga: Dirayu AS Beli F-16, Presiden Duterte Sebut Pesawat Itu Tak Berguna

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya