Presiden Ukraina Zelenskyy Pecat Menhan Oleksii Reznikov

Pemecatan dilakukan di tengah upaya pemberantasan korupsi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Ukraina, Oleksii Reznikov diberhentikan dari jabatannya. Keputusan ini diumunkan langsung Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Zelenskyy mengatakan, Ukraina butuh "pendekatan baru" di kementerian mereka. Diketahui, Reznikov memimpin Kementerian Pertahanan sebelum Rusia melakukan invasi pada Februari 2022.

Baca Juga: PBB Usulkan Ekspor Gandum Rusia Bareng Ukraina Dilanjutkan

1. Akan digantikan Umerov

Presiden Ukraina Zelenskyy Pecat Menhan Oleksii ReznikovSeorang anak lelaki mengibarkan bendera Ukraina saat reli mendukung Ukraina dan memprotes Rusia, di Air Terjun Niagara, Kanada, Minggu (30/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Nick Iwanyshyn.

Zelensky disebut telah menyiapkan pengganti Reznikov. Melansir dari BBC, Rustem Umerov disebut akan menjadi Menhan Ukraina selanjutnya. Umerov selama ini bertugas mengelola Dana Properti Negara Ukraina.

“Saya percaya bahwa kementerian memerlukan pendekatan baru, dan format interaksi lain dengan militer dan masyarakat secara keseluruhan,” kata Presiden Ukraina.

Umerov juga diketahui menjadi sosok yang mewakili Ukraina dalam perundingan damai, saat awal invasi besar-besaran dilakukan Rusia.

2. Dilakukan di tengah upaya perangi korupsi

Presiden Ukraina Zelenskyy Pecat Menhan Oleksii ReznikovIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemecatan Reznikov dilakukan di tengah upaya Ukraina memberantas korupsi. Ini penting dilakukan mengingat Ukraina berniat bergabung dengan lembaga-lembaga barat seperti Uni Eropa.

Menurut Indeks Persepsi Korupsi Transparency International, Ukraina berada di peringkat 116 dari 180 negara. Namun, setelah upaya yang dilakukan beberapa tahun terakhir, ada peningkatan signifikan yang diraih.

Reznikov secara pribadi tidak dituduh melakukan korupsi. Namun, sejumlah skandal yang melibatkan pengadaan barang dan peralatan untuk militer terjadi di Kementerian Pertahanan.

Awal tahun ini Wakil Menteri Pertahanan, Vyacheslav Shapovalov, mengundurkan diri imbas skandal tersebut. Dilaporkan secara luas pada saat itu Reznikov nyaris tidak dapat mempertahankan jabatannya.

Baca Juga: Perusahaan Senjata Inggris Akan Bangun Pabrik di Ukraina

3. Pemecatan yang sudah diantisipasi

Presiden Ukraina Zelenskyy Pecat Menhan Oleksii ReznikovBen Wallace (kanan) melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov (kiri). (Twitter/DefenceHQ)

Beberapa media Ukraina berspekulasi Reznikov akan menjadi Duta Besar baru untuk Kyiv di London. Lokasi ini menjadi tempat Reznikov banyak mengembangkan hubungan baik dengan politisi senior.

Pria berusia 57 tahun ini menjadi sosok yang cukup dikenal di Ukraina. Diakui secara internasional, Reznikov secara teratur menghadiri pertemuan dengan sekutu barat Ukraina, dan punya peran penting dalam melobi penambahan peralatan militer.

Pemecatan Reznikov pun dikabarkan sudah diantisipasi sejak beberapa waktu lalu. BBC menuliskan, pekan lalu Reznikov mengatakan kepada wartawan dia sedang menjajaki posisi lain di  Ukraina.

Baca Juga: Dubes Ukraina untuk Inggris Dipecat karena Kritik Presiden Zelenskyy

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya