Hadir di Agenda KTT ASEAN-Kanada, Jokowi Bicara 4 Prioritas Kerja Sama

Turut hadir PM Kanada Justin Trudeau

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hadir dalam Konferensi Tingkat TInggi (KTT) ASEAN-Kanada yang digelar di Kamboja, Sabtu (12/11/2022). Dalam konferensi itu Jokowi mendorong kemitraan strategis dengan menghadirkan kerja sama konkret. Dalam pertemuan itu, turut hadir Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.
 
“Kerja sama dalam konteks Indo-Pasifik dapat dijadikan salah satu kick-off project antara ASEAN dan Kanada,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

1. Jokowi bicara 4 prioritas kerja sama

Hadir di Agenda KTT ASEAN-Kanada, Jokowi Bicara 4 Prioritas Kerja SamaPresiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-Kanada, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menjelaskan isu di kawasan Indo-Pasifik sangat penting untuk diselesaikan. Menurutnya, ada empat prioritas kerja yang harus menjadi fokus.
 
“Asean Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) memiliki empat prioritas kerja sama yaitu konektivitas, maritim, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kanada dapat secara konkret menjadi mitra ASEAN dalam pelaksanaan AOIP,” ungkap Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, pada 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum.

“Indonesia mengundang Kanada berpartisipasi dalam forum tersebut,” kata dia.

Baca Juga: Ini Agenda Jokowi Selama di KTT ASEAN, Bakal Ketemu Joe Biden

2. Jokowi bertemu Joe Biden

Hadir di Agenda KTT ASEAN-Kanada, Jokowi Bicara 4 Prioritas Kerja SamaPresiden Jokowi hadir di KTT ASEAN-AS, pada Sabtu (12/11/2022) di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Di lain waktu, Presiden Jokowi juga hadir di acara kemitraan komprehensif strategis ASEAN-AS di Kamboja. Dalam acara tersebut, Jokowi bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

"Kemitraan ini diluncurkan di saat dunia sedang hadapi tantangan yang luar biasa. Saya ingin membacakan ringkasan ASEAN Common Sense, di mana kemitraan ASEAN-AS dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi,” ujar Jokowi.

3. Ada tiga hal yang disampaikan Jokowi

Hadir di Agenda KTT ASEAN-Kanada, Jokowi Bicara 4 Prioritas Kerja SamaPresiden Jokowi hadir di acara KTT ASEAN dan Republk Korea (RoK) ke-23 di Kamboja (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan tiga hal utama di acara KTT ASEAN-AS. Pertama, Jokowi mendorong perwujudan kemitraan bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

Menurutnya, ASEAN ingin kehadiran AS di kawasan membawa energi positif bagi perdamaian.

"Dukungan AS terhadap sentralitas ASEAN juga harus diterjemahkan dalam aksi nyata khususnya peran ASEAN sebagai agenda-setter dinamika di kawasan dan pembentukan arsitektur kawasan yang inklusif,” ujar dia.

Kedua, Jokowi ingin membangun kemitraan ketahanan kawasan dan global. Sinergi kebijakan harus didorong untuk memastikan stabilitas sistem keuangan, dukungan likuiditas, dan efektivitas kebijakan ekonomi.
 
“Upaya membangun ketahanan pangan juga harus menjadi prioritas utama. Saya harap ASEAN dan AS dapat bekerja sama dalam peningkatan kapasitas produksi pangan, pengembangan bibit unggul, pemanfaatan teknologi pertanian, dan penguatan strategi ketahanan pangan di kawasan,” kata dia.

Ketiga, Jokowi ingin adanya kemitraan berkelanjutan. Menurutnya, ASEAN telah berkomitmen untuk meningkatkan energi baru terbarukan hingga 23 persen pada 2025.

“Kami apresiasi komitmen AS untuk clean energy di kawasan. Kerja sama ASEAN-AS dapat diarahkan untuk mendorong investasi dan alih teknologi rendah karbon, membuka lapangan kerja baru dalam transisi energi, dan menciptakan kerangka regulasi dan pendanaan yang kondusif,” katanya.

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya