Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Hasilkan Sejumlah Kerja Sama

Jokowi harap dukungan China soal sentralisasi ASEAN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di Hotel Jinniu, Chengdu, China, Kamis (27/7/2023). Dalam pertemuan itu, Jokowi berterima kasih atas dukungan China selama Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023. 

“Saya sangat mengapresiasi dukungan China untuk keketuaan Indonesia di ASEAN dan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional yang inklusif untuk menjaga kawasan Indo-Pasifik agar tetap damai, stabil, dan sejahtera,” ujar Jokowi dalam keterangannya.

Jokowi mengatakan, usai penyelenggaraan Presidensi G20 di Bali tahun lalu, ada kemajuan terhadap kerja sama antara Indonesia dan China.

“Saya senang banyak kemajuan konkret sejak pertemuan kita di Bali November lalu,” kata dia.

Baca Juga: ASEAN-China Sepakati Panduan Percepatan Negosiasi Laut China Selatan

1. Jokowi ajak China untuk perkuat kerja sama di IKN

Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Hasilkan Sejumlah Kerja SamaPresiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden China Xi Jinping. (dok. Setpres RI)

Dalam pertemuan itu, sejumlah bidang kerja sama juga dibahas, seperti penguatan perdagangan, investasi, kerja sama kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga kerja sama riset serta teknologi. Jokowi berharap, China bisa terus menjadi mitra strategis bagi pembangunan IKN.

“Semoga kerja sama Otorita IKN dengan Pemerintah Kota Shenzen dapat berkontribusi bagi perencanaan dan pengembangan IKN,” ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Berharap China Jadi Mitra Strategis Bangun IKN

2. Jokowi apresiasi penyelesaian protokol impor antara Indonesia dan China

Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Hasilkan Sejumlah Kerja SamaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi kemudian mengapresiasi penyelesaian protokol impor sejumlah produk Indonesia dan China. Jokowi berharap, protokol impor itu bisa terus diperbarui sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

"Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia,” ujar dia.

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan kedua negara.

3. Jokowi harap dukungan China terhadap sentralisasi ASEAN

Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Hasilkan Sejumlah Kerja SamaPresiden Jokowi bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping di Beijing (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi juga membahas sejumlah isu yang ada di ASEAN dan China. Tak hanya itu, Jokowi pun berharap dukungan China terhadap sentralisasi ASEAN, untuk terwujudnya kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera.

“Indo-Pasifik adalah kawasan strategis yang harus kita jaga sebagai kawasan damai dan stabil,” kata dia.

Jokowi dan Xi Jinping juga menyaksikan penandatanganan sejumlah dukumen kerja sama, di antaranya:

  • Protokol tentang Persyaratan Pemeriksaan dan karantina untuk Ekspor Serbuk Konjac dari Indonesia ke China.
  • Protokol tentang Persyaratan Phytosanitary untuk Ekspor Tabasheer dari Indonesia ke China.
  • Rencana Aksi Kerja Sama Bidang Kesehatan.
  • Nota Kesepahaman tentang Pusat Penelitian dan Pengembangan Bersama.
  • Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Perencanaan Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman terkait Pemindahan Ibu Kota Baru Indonesia.
  • dan Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Kerja Sama Indonesia-China “Two Countries, Twin Parks”.
  • Nota Kesepahaman tentang Pendidikan Bahasa China.
  • Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Ekonomi dan Teknis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya