PM Singapura Senang Bisa Ngobrol Bareng Jokowi dan Prabowo di Bogor

PM Singapura puji kepemimpinan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan itu, Presiden terpilih yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong ikut dalam diskusi di beranda Istana Kepresidenan Bogor.

Diketahui, Lawrence juga akan menjabat sebagai PM Singapura untuk mengganti Lee Hsien Loong. Lee mengaku senang dengan diskusi tersebut.

"Biasanya kami mengadakan pertemuan empat mata antara dua pemimpin, namun tahun ini kami senang sekali ada pertemuan delapan mata yang dihadiri oleh Pak Prabowo dan Lawrence," ujar Lee, Senin (29/4/2024).

Baca Juga: Jokowi Ajak Singapura Kembangkan Kawasan Industri Halal di Indonesia

1. Singapura dan Indonesia berkomitmen lanjutkan kerja sama

PM Singapura Senang Bisa Ngobrol Bareng Jokowi dan Prabowo di BogorPresiden Jokowi menerima kunjungan kerja PM Singapura, Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lee mengatakan, Singapura dan Indonesia berkomitmen melanjutkan kerja sama untuk menatap kerja sama lebih baik.

"Kami berkomitmen untuk menatap ke depan, membangun fondasi yang kuat dan memperluas kerja sama kami," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Terus Dorong Rencana Indonesia Ekspor Listrik ke Singapura

2. Lee mengaku senang Jokowi mengakhiri jabatan Presiden RI dalam keadaan baik

PM Singapura Senang Bisa Ngobrol Bareng Jokowi dan Prabowo di BogorPresiden Jokowi menerima kunjungan kerja PM Singapura, Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Lee mengaku senang Jokowi mengakhiri jabatannya sebagai Presiden RI dalam keadaan baik. Dia juga yakin Prabowo dan Lawrence akan melanjutkan kerja sama Indonesia dan Singapura dengan baik.

"Saya senang saya Presiden Jokowi menyerahkan hubungan bilateral dalam keadaan baik kepada penerus kita. Dan saya yakin Pak Prabowo dan Lawrence akan terus membawa hubungan ini ke tingkat yang lebih tinggi. Semoga hubungan Singapura dan Indonesia terus berkembang di masa depan, atau seperti yang kita sebut Maju Jaya," kata dia.

3. Puji Jokowi

PM Singapura Senang Bisa Ngobrol Bareng Jokowi dan Prabowo di BogorPresiden Jokowi sambut PM Singapura, Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/4/2024). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Lee mengakui kepemimpinan Presiden Jokowi berhasil dan berkontribusi terhadap Indonesia dan kawasan.

"Karena ini adalah pertemuan terakhir saya dengan Presiden Jokowi, saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mengakui kontribusinya terhadap Indonesia dan kawasan," ujar Lee.

Dia menyebut visi dan kepemimpinan Jokowi telah menempatkan Indonesia pada jalur perekonomian yang kuat, percaya diri dan optimistis terhadap masa depan. Dia juga menyebut Jokowi telah mengangkat posisi ASEAN sebagai partisipan dalam urusan internasional.

"Dengan pandangan yang layak untuk didengarkan dan memberikan kontribusi, yang akan membawa perbedaan. Hal ini telah membawa stabilitas dan kemajuan bagi Indonesia dan seluruh kawasan," lanjutnya.

Lee juga menyebut Indonesia merupakan negara dengan perekonomian terbesar di ASEAN.

"Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia telah memberikan suara yang konstruktif di dunia yang terpecah belah, seperti yang kita saksikan dalam kepemimpinan Indonesia di G-20 dan juga kepemimpinannya di ASEAN. Saya merasa terhormat mendapat kehormatan untuk bekerja bersama Presiden Jokowi selama dua periode menjabat sebagai presiden," imbuhnya.

Baca Juga: Bertemu PM Lee, Jokowi Tawarkan Singapura Investasi PLTS di IKN

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya