Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnya

Pria pertama di dunia yang dua kali menjalani transplantasi wajah

Wajah adalah identitas diri. Apa jadinya jika wajah mengalami kerusakan parah akibat penyakit langka ataupun kecelakaan? Untuk itu, transplantasi wajah di dunia kedokteran semakin berkembang pesat demi menolong dan memberi kehidupan baru pada pasien tersebut.  Kejadian ini pulalah yang dialami seorang lelaki berusia 43 tahun, Jerome Hamon.

Dilansir dari Telegraph.co.uk, ia menjadi orang pertama yang berhasil menjalani pencangkokkan ulang wajah untuk yang kedua kalinya. Inilah perjalan Jerome yang penuh ujian kesabaran.

Pria yang dijuluki “Lelaki Tiga Wajah” ini mengalami penolakan dari tubuh pada transplantasi wajah yang pertama

Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnyam.gulfnews.com

Hamon adalah orang pertama di dunia yang melakoni dua kali pencangkokan wajah setelah yang pertama mengalami penolakan dari dalam tubuhnya. Transplantasi wajah pertamanya pada tahun 2010 berhasil. Tetapi, masih tahun yang sama, ada prosuder pengobatan pilek yang tidak sesuai dengan pengobatan imunosupresif-nya.

Pada 2016, tubuhnya mulai menunjukkan tanda-tanda penolakan transplantasi, dan seiring waktu wajah barunya memburuk. Musim panas lalu, Hamon dirawat di rumah sakit dan pada bulan November wajahnya menderita nekrosis, sehingga dokter harus segera menghapus atau mengangkatnya.

 

Hamon harus menunggu di Rumah Sakit tanpa wajah selama dua bulan sampai donor yang cocok ditemukan

Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnyaleparisien.fr

Kasus ini sungguh luar biasa, begitupun dengan sang pasien yang luar biasa tegar menjalani titik paling tragis dalam hidupnya. Semua orang di rumah sakit kagum pada keberanian, kekuatan dan kesabaran Hamon. “Selama masa penantian itu, dia tidak pernah mengeluh. Bahkan ia berada dalam suasana hati yang baik," kenang Bernard Cholley, seorang ahli anestesi.

Akhirnya, seorang donor wajah ditemukan. Seorang pria 22 tahun yang telah meninggal ratusan kilometer dari Paris. Berita itu datang pada hari Minggu di bulan Januari dan operasi logistik serta medis besar-besaran diluncurkan dengan cepat. Wajah donor itu diangkut secepat pada hari Senin ke rumah sakit Georges-Pompidou di Paris. Lalu transplantasi wajah kedua untuk Hamon pun dilakukan dengan penuh debaran.

Setelah menunggu tiga bulan pasca operasi pembedahan, Hamon merasa lega karena transplantasi wajahnya dinyatakan berhasil

Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnyaleparisien.fr

Jerome tetap menunggu di rumah sakit selama tiga bulan setelah menjalani transplantasi wajah keduanya pada 15 dan 16 Januari. Selama itu, tim medis memperhatikan tanda-tanda warna yang baik di wajah barunya.

Harapannya terkabul, tubuhnya tidak lagi menolak transplantasi wajah baru itu. Meski fitur kulitnya belum sepenuhnya selaras, tapi wajah baru itu tetap halus dan menyatu dengan tengkorak.

Proses penyembuhannya memang bertahap dan bergantung pada obat imunosupresan yang membantu tubuh agar tidak menolak ‘materi baru’ yang ditransplantasikan.

Hamon menderita neurofibromatosis tipe 1, mutasi genetik yang menyebabkan tumor dan komplikasi terkait.

Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnyaabc.net.au

“Untuk menghindari penolakan, Hamon menjalani tiga bulan perawatan khusus darah sebelum transplantasi,” ungkap seorang ahli nefrologis, Eric Thervet.

Setelah melewati semua kecemasan dan penderitaan, Hamon layak untuk kembali bahagia. Semua pengalaman yang dialami Hamon, membuat pria ini mengaku sudah terbiasa dengan identitas wajah baru.

Operasi tersebut menjadi prestasi para dokter bedah plastik di Rumah Sakit Paris Georges-Pompidou, sekaligus menjawab pertanyaan, “Bisakah kita mengulang transplantasi wajah?”

Jerome Hamon, Lelaki Pertama yang Pernah Memiliki Tiga Wajah Dalam Hidupnyaleparisien.fr

Prestasi ini memang belum pernah terjadi sebelumnya, dimana para dokter bedah dan Laurent Lantieri sebagai pemimpin tim operasi, susah payah melakukan transplantasi ulang melalui prosedur multi-langkah. Lantieri melakukan usaha penuh terutama saat menyambung saluran air mata dan kelopak mata pada wajah Hamon. 

Inilah hasil yang sekaligus menjawab pertanyaan tentang transplantasi ulang pada wajah. Jerome Hamon, berhasil melewatinya dan kembali mendapatkan identitas barunya.

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Hai !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya