AS Siap Latih Pilot Ukraina Terbangkan F-16, Ini Syaratnya!

AS juga pertimbangkan memberikan jet tempurnya ke Ukraina

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS) bersedia untuk berpartispasi dalam pelatihan jet tempur F-16 untuk pilot Ukraina. AS siap membantu jika jumlah pilot Ukraina yang butuh pelatihan melebihi kemampuan negara-negara Eropa.

"Itulah syaratnya. Jadi, jika Denmark dan Belanda memimpin pelatihan, jika mereka tidak memiliki kapasitas untuk melatih sebanyak mungkin pilot yang ingin dikirim atau direncanakan oleh Ukraina, maka kami akan membantu melatih di AS," Wakil Sekertaris pers Pentagon, Sabrina Singh, dikutip dari Forces, pada Selasa (22/8/2023).

Pilot Ukraina harus melalui pelatihan bahasa Inggris yang signifikan, agar siap menerbangkan F-16. Menurut Singh, hal itulah yang bakal memakan waktu.

1. Yunani akan latih pilot Ukraina terbangkan F-16

Ketika Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy berkunjung ke Yunani, Perdana Menteri Kyriatkos Mitsotakis mengatakan bahwa negaranya akan membantu melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16.

“Kami memiliki hasil penting untuk koalisi udara, Yunani akan mengambil bagian dalam melatih pilot kami di F-16. Terima kasih atas tawaran ini,” kata Zelenskyy pada Senin (21/8/2023), dikutip Arabnews.

Pada Jumat lalu, Kiev menyambut baik keputusan AS untuk merestui Denmark dan belanda mengirimkan jet tempur F-16.

Pelatihan yang akan diadakan oleh 11 koalisi negara akan dimulai pada bulan ini di Denmark dan diharapkan akan siap pada awal 2024.

Baca Juga: Rumania Pastikan Akan Latih Pilot Ukraina dengan Jet Tempur F-16

2. AS pertimbangkan F-16 untuk Ukraina

Selain menawarkan pelatihan, Pentagon juga mempertimbangkan memberikan jet tempur F-16 kepada Ukraina setelah semua pelatihan selesai. 

“Agar transfer pihak ketiga dapat diselesaikan, ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi, termasuk pelatihan bahasa Inggris dan hal-hal lain seperti logistik di lapangan,” kata Singh.

"Jadi, begitu kriteria itu terpenuhi, kami akan berada dalam posisi untuk mengesahkan transfer tersebut," tambah dia.

3. F-16 akan mengubah jalannya perang

Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022, Zelenskyy secara aktif berusaha mencari bantuan alutsista dari negara-negara Barat, termasuk rudal dan jet tempur. Zelenskyy yakin bahwa jet tempur F-16 akan membuat Rusia akan kalah dalam perang

Sementara, Rusia telah memperingatkan bahwa mengirimkan jet tempur F-16 ke Ukraina hanya akan meningkatkan eskalasi konflik di Ukraina, yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

''F-16 pasti akan memberi energi baru, kepercayaan diri, dan motivasi bagi para pejuang dan warga sipil. Saya yakin ini akan memberikan hasil baru untuk Ukraina dan seluruh Eropa,” kata Zelenskyy, dikutip Dailyprogress.

Baca Juga: Dubes Ukraina di Armenia Ditemukan Tewas Tenggelam

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya