Kota-Kota di Ukraina Dihujani Rudal Rusia, 3 Orang Tewas

Serangan bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional

Jakarta, IDN Times - Serangan rudal dan artileri Rusia menghatam kota-kota di Ukraina pada Kamis pagi (21/9/2023). Serangan itu memicu terjadinya kebakaran hingga menewaskan sedikitnya tiga orang dan sejumlah orang lainnya terjebak di reruntuhan.

Gelombang serangan rudal tersebut bertepatan dengan Hari Perdamaian Internasional. Serangan pada Kamis pagi itu merupakan yang terbesar yang dilakukan Moskow dalam sebulan ini.

Serangan juga bertepatan ketika para pemimpin dunia melakukan pertemuan di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Berbicara di majelis tersebut, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengecam Rusia sebagai negara teroris.

Baca Juga: Zelenskyy di Sidang PBB: Rusia Harus Setop Invasi!

1. Sedikitnya 3 orang tewas di Kherson pada serangan Kamis

Dilansir ABC News, alarm bahaya serangan udara telah berbunyi berulang kali di seluruh Ukraina, ketika Rusia meluncurkan puluhan rudal di dekat garis depan pertahanannya. Kemungkinan besar, serangan Rusia menggunakan artileri jarak pendek untuk menyerang kota Khreson di selatan.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan sedikitnya tiga orang tewas dalam serangan Kamis di Kherson saat sebuah bangunan tempat tinggal yang dihantam rudal. Serangan itu juga menyebabkan empat orang lainnya terluka.

Sementara serangan Moskow di Kiev, menyebabkan tujuh orang terluka, di antaranya termasuk seorang anak perempuan berusia 9 tahun, lapor walikota Vitalii Klitschko. Serangan juga mengahancurkan jendela-jendela gedung, mobil, serta memicu kebakaran di sekitat reruntuhan logam.

Seorang warga bernama Marharyta Moldokova, 76 tahun, mengaku berlindung di lantai rumahnya di Kiev sebelum mendegar suara ledakan dan suara jendela pecah. Dia juga mengecam Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Ya Tuhan, kami tidak sabar menunggu seseorang menembaknya,” katanya. “Semuanya tidak cukup baginya. ... Apa yang dia butuhkan?" imbuh Moldokava.

Baca Juga: AS Desak Sekutu Pasok Ukraina dengan Sistem Pertahanan Udara

2. Akademi Statistik, Akuntansi dan Audit Nasional di Kiev mendapat banyak serangan rudal

Akademi Statistik, Akuntansi dan Audit Nasional di Kiev mengalami banyak serangan rudal. Kerusakan akibat serangan rudal itu parah hingga puing-puing berjatuhan. Lokasi kampus berdekatan dengan pabrik senjata yang memproduksi amnusi dan rudal presisi tinggi.

Salah satu siswa dari akademik tersebut, Illi Melnyk mengatakan dirinya berlindung di balik dua dinding ketika ia mendengar suara ledakan dan melihat kilatan cahaya kemudian dia berlari keluar.

"Saat saya keluar, saya melihat batu bata berjatuhan dari pintu,” katanya. “Terlihat bagaimana temboknya jebol dan pintunya roboh. … Menakutkan," kata Melnyk, dikutip ABC News.

3. Angkatan Udara Ukraina berhasil mencegat 36 rudal Rusia

Angkatan Udara Ukraina melaporkan telah mencegat 36 rudal dari 43 rudal jelajah yang dihantamkan Rusia jauh ke Ukraina. Kharkiv, daerah yang dekat dengan garis depan, dihantam dengan rudal S-300.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleh Syniehubov, mengatakan setidaknya enam serangan telah merusak infrastruktur di distrik Slobidskyi. Dia juga menambahkan, dua orang telah dirawat di rumah sakit akibat serangan tersebut.

Menteri dalam negeri Ukraina, Ihor Klymenko menuturkan, setidaknya 10 orang terluka dan satu orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan di Cherkasy, Ukraina tengah. Gubernur wilayah Cherkasy, Ihor Taburets mengatakan sekitar 23 orang kemungkinan masih berada di bawah reruntuhan, layanan darurat sedang bekerja untuk memberisihkan puing-puing.

Klymenko juga menambahkan sebuah zona industri yang berada di wilayah barat Lviv juga dihantam rudal Rusia yang merusak bangunan dan memicu kebakaran. Dia tidak memberi informasi mengenai korban jiwa.

Gubernur regional, Vitalii Koval melaporkan serangan Moskow juga terjadi di kota Rivne di barat laut dengan nama yang sama. Namun, dia juga tidak memberikan rincian serangan.

Baca Juga: Renggang! Polandia Setop Pasok Senjata ke Ukraina

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya