Ledakan Bom Truk di Somalia Tewaskan 10 Orang

20 orang mengalami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Sebuah bom truk meledak di pos pemeriksaan yang berada di daerah pemukiman di kota Beledweyne, Somalia tengah. Ledakan bom itu telah menewaskan sedikitnya 10 orang dan 20 lainnya mengalami luka-luka.

Video yang di unggah di media sosial menunjukan beberapa di antaranya, warga setempat yang mencari korban selamat di reruntuhan bangunan yang telah hancur.

“Sejauh ini saya telah melihat 10 orang tewas termasuk tentara dan warga sipil serta lebih dari selusin lainnya terluka, namun jumlah korban tewas pasti akan meningkat,” kata petugas polisi pada Sabtu (23/9/2023), Ahmed Aden kepada kantor berita Reuters.

Baca Juga: Somalia Blokir TikTok dan Telegram untuk Perangi Teroris al-Shabaab

1. Jumlah korban tewas dan luka meningkat

Ledakan Bom Truk di Somalia Tewaskan 10 Orangilustrasi(unsplash.com/camilo jimenez)

Situs berita Wowk TV, menyebut jumlah korban tewas yang mengalami peningkatan menjadi 15 orang dan korban luka menjadi 40 orang. Direktur jenderal Kementerian Kemanusiaan dan Manajemen Bencana Hirshabelle, Abdifatah Mohamed Yusuf membenarkan kasus kematian tersebut.

“Dua puluh orang yang terluka telah dirawat di rumah sakit Beledweyne, sementara 20 lainnya berada dalam kondisi kritis, sehingga mendorong permintaan pengangkutan udara ke Mogadishu untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan,” kata Mohamed Yusuf.

Hirshabelle adalah negara bagian yang mencangkup Beledweyne, yang merupakan ibu kota wilayah Hiran. Hirshabelle juga menjadi pusat serangan militer terbaru pemerintah Somalia terhadap ekstremis al-Shabab yang terkait dengan al-Qaeda di Afrika Timur.

Baca Juga: Sekjen PBB: Terorisme dan Krisis Iklim Buat Rakyat Somalia Menderita

2. Gedung, toko-toko dan pos pemeriksaan hancur akibat ledakan

Aden juga mengemukakan, gedung-gedung dan toko-toko yang berdekatan dengan lokasi ledakan hancur menjadi puing-puing. Hal yang sama juga terjadi pada pos pemeriksaannya.

Seorang perempuan yang berada di dekat lokasi kejadian, Halimah Nur, mengatakan pada Reuters bahwa keponakannya dan orang lainnya yang berada di toko terdekat tidak bisa dihubungi. “Saya tidak tahu harus berkata apa, semua kios kini tinggal puing-puing. Saya tidak bisa melacak keponakan saya,” kata Nur, dikutip Al Jazeera.

Direktur Rumah Sakit Umum Beledweyne, Dr Suleyman Abdi Ali mengatakan, sepuluh jenazah korban ledakan telah dibawa ke rumah sakitnya.

3. Belum ada kelompok yang bertangung jawab atas ledakan

Ledakan Bom Truk di Somalia Tewaskan 10 Orangpotret ilustrasi seorang menyerupai jihadis.(unsplah.com/Sohaib Al Kharsa)

Belum ada kelompok yang mengaku bertangung jawab atas ledakan yang terjadi di wilayah Hiran tersebut. Al-Shabab telah meningkatkan serangannya sejak Hassan Sheikh Mohamud terpilih kembali sebagai presiden untuk masa jabatan kedua pada tahun lalu.

Presiden Mohamud telah menyatakan perang habis-habisan terhadap kelompok ekstremis tersebut yang bertujuan untuk menegakkan kekuasaannya. Pada Jumat, pasukan pemerintah mengklaim telah membunuh puluhan pejuang di negara bagian Galmudug.

Somalia telah dilanda pemberontakan bersenjata sejak 15 tahun lalu. Ancaman utama yang muncul dari pemberontakan tersebut berasal dari al-Shabab dan kelompok bersenjata lainnya yang terkait dengan ISIS (ISIL).

Baca Juga: Serangan Udara AS di Somalia Tewaskan 5 Teroris Al-Shabab

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya