Comscore Tracker

3 Tentara Suriah Tewas Akibat Serangan ke-19 Israel Sepanjang 2022

Suriah tuduh Israel lakukan dua serangan simultan

Jakarta, IDN Times - Israel dituduh telah melakukan serangan ke Suriah pada Minggu (14/8/2022). Sedikitnya tiga tentara Suriah dilaporkan tewas dalam dua serangan simultan yang dilakukan oleh pasukan Tel Aviv.

Ada kebakaran yang dilaporkan oleh Suriah akibat serangan tersebut. Tapi mereka tidak memberikan rincian di mana kebarakan itu terjadi. Serangan Israel yang baru saja dilakukan menargetkan pesisir Tartus dan daerah pedesaan di dekat ibu kota Lebanon.

1. Dua serangan simultan pasukan Israel

3 Tentara Suriah Tewas Akibat Serangan ke-19 Israel Sepanjang 2022ilustrasi (Unsplash.com/Mahmoud Sulaiman)

Pasukan pertahanan udara Suriah mengaku telah menghadapi serangan Israel yang menyasar sekitar provinsi pesisir Suriah, Tartus. Serangan itu berasal dari arah laut dan Suriah mengatakan berhasil menjatuhkan beberapa rudal Israel.

Dikutip dari VOA News, serangan lain yang dilancarkan Israel dilakukan di atas pegunungan Qalamoun yang dekat perbatasan Lebanon. Daerah perdesaan menjadi sasaran bagi serangan Israel.

"Agresi itu menyebabkan kematian tiga tentara, melukai tiga lainnya" kata media pemerintah Suriah.

Pihak militer Israel menolak mengomentari laporan kemungkinan serangan di Suriah yang baru saja dilakukan.

Baca Juga: Pemerintah Kurdi Suriah Pulangkan 700 Mantan Anggota ISIS ke Irak

2. Serangan Israel ke-19 di wilayah Suriah

Selama bertahun-tahun, Israel telah melakukan serangan ke Suriah untuk menyerang target Iran yang berada di negara itu. Iran telah membantu pemerintah Suriah memperkuat pasukan Presiden Bashar al-Assad bersama dengan Rusia.

Dalam serangan yang terjadi pada Minggu, rudal-rudal Israel meluncur dan mengenai target di dekat pangkalan militer Rusia. The Syrian Observatory for Human Rights melaporkan, rudal Israel menghantam target yang terletak hampir 8 kilometer dari pangkalan Rusia.

Sebagian besar serangan Israel di Suriah dilakukan dengan serangan udara. Serangan pada Minggu adalah serangan ke-19 yang dilakukan sejak awal tahun.

3. Israel menargetkan pasukan Iran di Suriah

3 Tentara Suriah Tewas Akibat Serangan ke-19 Israel Sepanjang 2022Ilustrasi serangan jet tempur. (instagram.com/fighteraircraft)

Israel menilai, bantuan Iran di Suriah membuat musuh bebuyutannya itu memiliki pijakan kuat untuk menyerang negaranya. Israel merasa terancam dengan hal itu, sehingga kerap melancarkan serangan udara.

Melansir Al Jazeera, Kementerian Pertahanan Suriah pada awal Juli mengatakan, Israel melancarkan serangan dari Laut Mediterania ke dekat kota Al-Hamadiyah di selatan kota Tartus. Dua warga sipil terluka.

Bulan lalu, serangan Israel mancapai target di dekat Damaskus yang menewaskan tiga tentara Suriah. Serangan tersebut menargetkan fasilitas militer dan depot senjata Iran. Pihak Israel ogah mengomentari laporan di media asing terkait insiden terbaru yang dikabarkan oleh Suriah.

Baca Juga: Israel Tuding Roket Islamic Jihad Bunuh Lebih Banyak Warga Sipil Gaza

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya