Comscore Tracker

Lebih dari 100 Rudal Rusia Hujani Ukraina, Renggut 2 Nyawa!

Ukraina minta negara Barat kirim lebih banyak senjata!

Jakarta, IDN Times - Pasukan Rusia kembali menghujani Ukraina dengan lebih dari 100 rudal pada Senin (5/12/2022). Sirene peringatan serangan udara terdengar di banyak bagian Ukraina, sedangkan penduduk Kiev dan beberapa kota lain berlarian mencari tempat perlindungan.

Ukraina, yang didukung dengan senjata negara-negara Barat, mengatakan bahwa sebagian besar rudal Rusia itu berhasil dicegat. Namun, rudal Rusia yang lolos dan menghantam Zaporizhzhia menewaskan dua warga sipil.

1. Sirene peringatan serangan udara berbunyi di seluruh Ukraina

Lebih dari 100 Rudal Rusia Hujani Ukraina, Renggut 2 Nyawa!ilustrasi (Facebook.com/Минобороны России)

Rusia, yang terpukul di beberapa front pertempuran, kerap meluncurkan serangan udara dengan menghujani rudal dan drone kamikaze ke wilayah yang jauh dari garis depan peperangan di Ukraina.

Dalam serangan rudal pada Senin, The Moscow Times melaporkan lebih dari 100 rudal diluncurkan Rusia ke seluruh Ukraina. Kemungkinan besar itu merupakan rudal Kalibr yang diluncurkan dari laut.

Ledakan dilaporkan terjadi di beberapa kota, termasuk Odessa, Vinnytsia dan Cherkasy serta Kryvyi Rih. Sistem pertahanan udara Ukraina segera aktif dan memburu rudal-rudal Rusia itu sebelum mencapai sasarannya.

Raungan sirene peringatan serangan udara berbunyi di seluruh Ukraina. Andriy Yermak, kepala staf kepresidenan Ukraina, meminta warga sipil untuk tidak mengabaikan peringatan tersebut.

Baca Juga: AS Sebut Rusia Kekurangan Amunisi di Ukraina: Skala Konflik Menurun!

2. Ukraina berhasil mencegat lebih dari 60 rudal Rusia

Hujan rudal Rusia mengincar infrastruktur energi Ukraina. Serangan rudal sebelumnya telah merusak sekitar 40 persen infrastruktur dan sumber energi Kiev, sehingga harus dilakukan pemadaman listrik bergilir.

Ukraina telah berusaha mengantisipasi serangan rudal lanjutan dari pasukan Moskow. Dalam serangan rudal terbaru, Angkatan Udara Kiev mengaku berhasil menembak jatuh lebih dari 60 rudal Rusia, dikutip Associated Press.

Dalam pantauan Angkatan Udara Ukraina, indikasi awal menunjukkan 38 rudal jelajah Rusia diluncurkan dari kapal di Laut Kaspia dan Rostov. Sekitar 22 rudal Kalibr ditembakkan dari armada Laut Hitam. Rudal lain ditembakkan oleh bomber jarak jauh dan jet tempur Moskow.

3. Dampak kerusakan serangan rudal Rusia

Lebih dari 100 Rudal Rusia Hujani Ukraina, Renggut 2 Nyawa!bangunan hancur di salah satu kota di Ukraina (Twitter.com/Defence of Ukraine)

Meski kemampuan sistem pertahanan udara Ukraina semakin meningkat dan mampu menjatuhkan sebagian besar rudal Rusia, namun beberapa rudal masih tetap menghantam wilayah Ukraina. Ledakan yang terjadi di Zaporizhzia menewaskan dua warga sipil, dikutip dariThe Guardian.

Rudal Rusia juga merusak dua infrastruktur di Odessa, membuat wilayah itu tanpa aliran listrik dan membuat pompa air tidak bisa mengalir. Satu orang dirawat di rumah sakit karena terluka oleh ledakan.

Wali Kota Odessa, Gennadiy Trukhanov, mengatakan bahwa rudal menghantam gardu induk yang memasok listrik ke stasiun pompa dir di kota Belvaevska, dilansir ABC News.

Negara tetangga, Moldova melaporkan telah menemukan pecahan rudal yang jatuh dekat perbatasan dengan Ukraina. Tapi, pihak berwenang tidak mengomentari insiden tersebut.

Oleg Nikolenko, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, mengulangi seruan agar Kiev mendapatkan lebih banyak sistem pertahanan udara dari sekutunya.

"Ini sekali lagi membuktikan bahwa teror rudal Rusia menimbulkan ancaman besar tidak hanya bagi keamanan Ukraina, tetapi juga bagi keamanan negara-negara tetangga," katanya.

Baca Juga: Putin ke Olaf Scholz: Gegara Senjata Barat, Ukraina Menolak Negosasi

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani Kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya