Comscore Tracker

Wahana Nirawak Tiongkok Berhasil Mendarat di Mars

NASA ucapkan selamat kepada Tiongkok 

Beijing, IDN Times - Dunia saat ini sedang berada dalam perlombaan antariksa baru. Pemain lama seperti Rusia dan Amerika Serikat mendapatkan pesaing yakni Tiongkok. Dalam ambisi besar eksplorasi dan eksploitasi antariksa, Tiongkok telah memberikan banyak kejutan kemajuan teknologi.

Paling terbaru, ilmuwan dari negara Tiongkok dikabarkan telah berhasil mendaratkan wahana nirawak Zhurong dari Tianwen-1 di planet Mars. Pendaratan tersebut adalah untuk pertama kalinya bagi Tiongkok. Pendaratan terjadi pada hari Sabtu (15/5).

Selama ini, negara yang memiliki kemampuan untuk mendaratkan wahana nirawak di Mars adalah Amerika Serikat. Jadi dengan kabar terbaru dari Tiongkok, maka negara yang dipimpin oleh Xi Jinping itu kini menjadi negara kedua yang berhasil mendarat di Mars.

1. Tiongkok mendarat di Utopia Planitia, Mars bagian selatan

Tiongkok telah mengukir sejarah baru dalam perkembangan teknologi antariksa. Wahana antariksa milik mereka yang bernama Tianwen-1 telah sukses mendaratkan robot bernama Zurong di planet Mars pada Sabtu, 15 Mei 2021. Ini adalah tonggak sejarah baru.

Melansir dari laman Global Times, media yang disokong oleh pemerintah Tiongkok, pendaratan wahana Tiongkok dilakukan di daratan luas Mars yang bernama Utopia Planitia.

Wahana nirawak yang diturunkan ke Mars bernama Zhurong, yang namanya diambil dari mitologi kuno dan diyakini sebagai Dewa Api. Zurong memiliki tinggi 1,85 meter dan seberat 240 kilogram. Zhurong dirancang untuk menjelajahi planet Mars setidaknya selama 3 bulan, atau sekitar 92 hari waktu Bumi.

Setelah memasuki atmosfer Mars, wahana nirawak Tiongkok menghabiskan sekitar sembilan menit melambat, melayang untuk menghindari rintangan kemudian mendarat dengan pelan.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengucapkan terimakasih kepada semua ilmuwan yang berperan dalam misi tersebut. Xi Jinping juga mencatat bahwa negara akan selalu mengingat kontribusi dan pencapaian para peserta misi.

2. NASA ucapkan selamat kepada Tiongkok

Baca Juga: NASA: Puing Roket Jatuh, China Dianggap Lalai

Ini adalah misi luar biasa dari pencapaian teknologi antariksa yang telah diraih oleh Tiongkok. Sebelumnya, Tiongkok telah sukses mengambil sampel dari bulan dan membawanya ke bumi. Tiongkok menggunakan wahana nirawak Chang'e-5 untuk misi bulan.

Dalam misi kali ini di Mars, Tiongkok bersama dengan Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab (UEA) berangkat hampir bersamaan pada bulan Juli tahun lalu. Tiga wahana nirawak dari tiga negara tersebut tiba di orbit Mars secara beriringan pada bulan Februari.

Wahana nirawak Amerika Serikat yang bernama Perseverance telah menunjukkan demonstrasi yang canggih di Mars dengan helikopter yang dapat terbang sendiri. Wahana milik UEA sudah melaksanakan tugas dengan mengamati cuaca atmosfer Mars.

Kini, wahana nirawak milik Tiongkok meraih kesuksesannya dengan lancar melakukan pendaratan di Mars. Melansir dari laman Associated Press, Associate Administrator NASA Thomas Zurbuchen memberikan ucapan selamat kepada Tiongkok.

Zurbuchen mengatakan "bersama dengan komunitas sains global, saya menantikan kontribusi penting yang akan diberikan misi ini bagi pemahaman umat manusia tentang Planet Merah."

3. Misi Zhurong di planet Mars

Wahana Nirawak Tiongkok Berhasil Mendarat di MarsPurwarupa Zhurong ketika ditampilkan dalam sebuah pameran di Jerman. (Wikipedia.org/Pablo de León)

Misi penjelajahan antariksa dari Tiongkok kali ini telah menjadi salah satu topik yang hangat dan jadi pembicaraan. Di Tiongkok, kesuksesan Tianwen-1 menurunkan Zhurong di planet Mars telah menjadi trending topic.

Wahana nirawak Zhurong ini memiliki beberapa misi utama untuk penjelajahan Mars. Melansir dari kantor berita Reuters, Zhurong akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno, termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah.

Wahana nirawak Zhurong membawa enam peralatan ilmiah di tubuhnya. Enam peralatan ilmiah tersebut adalah sepasang kamera navigasi dan medan, kamera multispektral, detektor komposisi permukaan Mars, radar penembus, magnetometer dan stasiun iklim Mars.

Zhurong memiliki banyak tugas seperti mempelajari topografi, geologi, struktur tanah, mineral dan jenis batuan serta atmosfer di daerah tersebut.

Baca Juga: Keren Abis! Begini 4 Astronot SpaceX-NASA Tiba di Stasiun Luar Angkasa

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya