Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan International Maritime Organization

Anggota dewan mempunyai kepentingan khusus yakni mendalami angkutan laut dan posisi geografis yang dianggap strategis.

Indonesia kembali terpilih menjadi anggota dewan pada Organisasi Maritim Internasional atau IMO dalam kategori C. Indonesia bersama dengan kelompok 20 negara di kategori anggota dewan mempunyai kepentingan khusus yakni mendalami angkutan laut dan posisi geografis yang dianggap strategis. 

Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan International Maritime OrganizationSumber Gambar: kompas.com

Dilansir Kompas.com, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya, Muhammad Hamzah Thayeb menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia menanggapi serius keanggotaan di dewan IMO. Dalam pemilihan anggota dewan yang dilaksanakan di markas IMO di London, Indonesia mendapatkan 127 suara. Hasil voting ini menempatkan Indonesia di peringkat sembilan dari 20 negara yang berada di kategori C. 

Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan International Maritime OrganizationSumber Gambar: ospar.org

Hamzah menambahkan, Indonesia akan melanjutkan komitmen untuk selalu berkontribusi aktif, partisipasi dan membangun dalam menjalankan perannya di Dewan IMO. Indonesia telah menjadi anggota IMO sejak tahun 1961 dengan tujuan meningkatkan kerja sama internasional di keselamatan maritim, keamanan, dan perlindungan lingkungan laut. Sidang Umum IMO ini berlangsung sejak Senin (23/11) dan dihadiri oleh 171 negara. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya