Setelah Badai, Sekarang Filipina Didatangi Asap Indonesia

Pemerintah himbau untuk tidak meninggalkan rumah.

Setelah diterjang Badai Koppu di bagian utara Filipina, kali ini asap mendatangi bagian selatan negara Filipina. Asap yang disebabkan kebakaran hutan yang ada dibebagai wilayah Indonesia berhembus hingga ke wilayah Mindanao, Filipina Selatan.

Setelah Badai, Sekarang Filipina Didatangi Asap IndonesiaSumber Gambar: bintang.com

Peristiwa ini terjadi sejak tanggal 17 Oktober dan belum hilang hingga sekarang. Pemerintah setempat telah mengeluarkan hibauan kepada warganya yang mempunyai gangguan pada paru-paru untuk tidak berkeliaran di luar rumah. Himbauan ini berlaku kepada masyarakat yang tinggal di daerah Santos City hingga Iligan City.

Setelah Badai, Sekarang Filipina Didatangi Asap IndonesiaSumber Gambar: bintang.com

Warga yang ingin beraktivitas di luar rumah disarankan untuk memakai masker. Diketahui asap kebakaran ini mengandung banyak zat berbahaya seperti sulfur dioksida, karbon monoksida dan nitrogen dioksida. Akibat asap, pemerintah Filipina juga merugi di sektor pertanian karena tanaman tidak dapat melakukan proses fotosintesis secara sempurna. 

Setelah Badai, Sekarang Filipina Didatangi Asap IndonesiaSumber Gambar: metroterkini.com

Pekan lalu, kandungan partikel berbahaya di Mindano mencapai angka 95 mikrogram. Saat ini sudah menurun ke angka 76 mikrogram per kubik meter. Namun standar aman pemerintah Filipina adalah 75 mikrogram per kubik meter. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya