Skandal Doping, Atlet Rusia di Luar Cabang Atletik Juga Diwaspadai

Skandal doping ini dapat mencoret nama Rusia dalam pertandingan Internasional seperti Olimpiade 2016.

Dunia olahraga cabang atletik sempat diguncang skandal doping yang dilakukan banyak atlet Rusia. Menurut Agensi Anti Doping Dunia (WADA), kultur doping saat ini sudah mengakar ke cabang olahraga lainnya. Hal ini terjadi karena dunia olahraga Rusia menggunakan laboratorium yang sama dan dituduh menutupi hasil tes doping gagal atlet Rusia. 

Skandal Doping, Atlet Rusia di Luar Cabang Atletik Juga Diwaspadai Sumber Gambar: metrotvnews.com

Dilansir CNNIndonesia.com, Penyidik WADA menjelaskan bahwa atletik merupakan satu-satunya olahraga Rusia yang terpengaruh dengan skandal doping. Salah satu laboratorium yang saat ini menjadi sorotan adalah Rusada. Laboratorium ini bertanggung jawab atas 20 tes doping olahraga lain di luar atletik. 

Skandal Doping, Atlet Rusia di Luar Cabang Atletik Juga Diwaspadai Sumber Gambar: sindonews.net

Beberapa cabang olahraga yang dites oleh Rusada adalah ski, angkat beban, tinju, dayung, hoki es, hingga sepak bola. Efek skandal ini jika menyebar ke cabang olahraga lain dapat mencoreng muka Rusia terutama di tahun 2018 Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018. WADA memberikan waktu hingga Jumat (13/11) bagi Rusia untuk memberikan jawaban atas skandal doping ini. Skandal doping ini dapat mengancam nama Rusia dicoret dalam Olimiade 2016. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya