Ada Ancaman Bom, Pesawat Jetstar Mendarat Darurat di Bandara Jepang

5 Penumpang mengalami luka ringan saat dievakuasi

Jakarta, IDN Times - Sebuah penerbangan domestik berbiaya murah (low-cost carrier) yang dioperasikan oleh Jetstar Japan Co, melakukan pendaratan darurat di Jepang pada Sabtu (7/1/2023) karena menerima ancaman bom. Pendaratan dilakukan Bandara Internasional Chubu Centrair di Tokoname, Prefektur Aichi, Jepang tengah sekitar pukul 07.40 waktu setempat.

Menurut Kementerian Transportasi Jepang, hal ini dilakukan menyusul ancaman bom yang diterima. Namun, menurut laporan polisi setempat, pihaknya tidak menemukan adanya alat peledak, dilansir Kyodo News. 

Awalnya, pesawat Jetstar tersebut dari Bandara Narita dekat Tokyo dengan tujuan Bandara Fukuoka di barat daya Jepang.

Baca Juga: Setelah Singapore Airlines, Jetstar Bakal Terbang Langsung ke Bali

1. Kronologi insiden tersebut

NHK News melaporkan bahwa menurut polisi setempat, ancaman tersebut dilakukan sekitar pukul 06.20 pagi waktu setempat, ketika Bandara Narita menerima panggilan telepon internasional dari Jerman.

Terdengar suara seorang pria yang berbicara dalam bahasa Inggris dan mengatakan bahwa dia telah menanam bom plastik seberat 100 kilogram di ruang kargo pesawat Jetstar. Penelpon pun meminta untuk berbicara dengan seorang manajer atau dia akan meledakkannya.

Namun, polisi melaporkan mereka tidak menemukan benda mencurigakan.

Baca Juga: Gedung Putih: Biden Akan Bertemu PM Jepang Pekan Depan di Washington

2. Membawa 142 orang, termasuk awak pesawat

Ada Ancaman Bom, Pesawat Jetstar Mendarat Darurat di Bandara JepangIlustrasi kursi penumpang pesawat. (pixabay.com/JUNO KWON)

Dilaporkan NHK, pesawat Jetstar tersebut membawa 136 penumpang dan enam awak.

Saat evakuasi dilakukan melalui perosotan darurat, lima penumpang mengalami luka ringan. Namun, pihak operator maskapai mengatakan bahwa tidak ada penumpang yang dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: Konser NCT 127 Tetap Berlanjut meski Ada Ancaman Bom

3. Dampak dari insiden tersebut

Ada Ancaman Bom, Pesawat Jetstar Mendarat Darurat di Bandara JepangIlustrasi pesawat Jetstar. (unsplash.com/Fred Rivett)

Imbas dari insiden tersebut, landasan pacu ditutup sementara. Berdasarkan dari gambar yang beredar di media sosial, terlihat mobil polisi dan ambulans telah berada di landasan pacu tersebut.

Selain itu, sejumlah penerbangan yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Chubu ditangguhkan atau dibatalkan. Penumpang yang membatalkan penerbangan, serta penumpang dari pesawat yang terancam menunggu dalam antrean yang panjang guna mendapatkan pengembalian uang.

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya