Bangunan di Gwangju Korsel Runtuh, Tewaskan 9 Orang

Runtuhannya mengenai sebuah bus yang sedang berhenti

Seoul, IDN Times - Sebuah gedung berlantai lima yang sedang dalam proses pembongkaran runtuh dan menimpa sebuah bus. Akibat kejadian tersebut, beberapa orang dilaporkan tewas dan terluka. Bagaimana kronologinya?

1. Dilaporkan 9 orang tewas dan 8 orang luka parah akibat runtuhnya bangunan lima lantai serta menimpa sebuah bus di Gwangju

Dilansir Al Jazeera, Berdasarkan dari laporan pejabat di sebuah stasiun pemadam kebakaran setempat, pada hari Rabu (9/6/2021) sebuah bangunan lima lantai yang sedang dalam proses pembongkaran tiba-tiba runtuh dan menimpa sebuah bus. Setidaknya 9 orang tewas dan 8 orang mengalami luka parah.

Kejadian itu terjadi ketika bus itu berhenti di jalan di sebelah lokasi pembongkaran di Gwangju, sekitar 270 km (168 mil) barat daya dari ibukota Korea Selatan (Korsel), Seoul, berdasarkan pernyataan pejabat di Markas Besar Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Gwangju.

Menurut penuturan Yang Ik Je (seseorang yang menjalankan toko di seberang jalan dari lokasi konstruksi) mengatakan bahwa dia berlari keluar ketika mendengar suara keras yang membuatnya merasa seolah-olah bumi berguncang, "Saya tidak bisa melihat jalan dengan jelas, seolah-olah diselimuti kabut tebal. Saya memeriksa CCTV untuk mengetahui bahwa bangunan itu runtuh menimpa bus," ungkapnya pada kantor berita Yonhap.

2. Semua pekerja di lokasi pembongkaran telah dievakuasi sebelum runtuh dan penyebab reruntuhan belum diketahui

Bangunan di Gwangju Korsel Runtuh, Tewaskan 9 OrangIlustrasi bangunan runtuh. (Pexels.com/cottonbro)

Dilansir AP News, Petugas pemadam kebakaran Kim Seok Sun mengatakan dalam briefing televisi dari lokasi bahwa semua pekerja di lokasi pembongkaran telah dievakuasi sebelum runtuh. Dia mengatakan beberapa pekerja melaporkan kepada penyelidik bahwa mereka telah menutup jalur pejalan kaki di dekat gedung sebelum runtuh.

Petugas darurat masih mencari orang lain yang mungkin terperangkap di bawah puing-puing dan penyebab reruntuhan belum diketahui.

Sebuah pernyataan dinas pemadam kebakaran sebelumnya mengatakan puing-puing juga jatuh pada dua kendaraan penumpang. Akan tetapi, pejabat agensi kemudian mengoreksinya setelah menonton video keamanan.

Baca Juga: Menengok Masjid di Korea Selatan, Dibangun Patungan Jemaah WNI 

3. Respon pemerintah Korea Selatan

Bangunan di Gwangju Korsel Runtuh, Tewaskan 9 OrangPresiden Korea Selatan, Moon Jae-in. (Twitter.com/moonriver365)

Dilansir dari Yonhap News Agency, Presiden Korsel Moon Jae In menerima pengarahan melalui telepon dari Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Jeon Hae Cheol dan Walikota Gwangju Lee Yong Sup mengenai peristiwa tersebut.

Presiden Moon menginstruksikan pihak berwenang untuk melihat secara menyeluruh apakah proses izin pembongkaran itu sah dan apakah ada masalah dengan langkah-langkah serta peraturan keselamatan. Juga, menyerukan langkah-langkah antar lembaga untuk mencegah terulangnya kecelakaan seperti itu, kata juru bicara Cheong Wa Dae Park Kyung Mee.

4. Peristiwa ini bukan yang pertama di Korsel

Bangunan di Gwangju Korsel Runtuh, Tewaskan 9 OrangBendera Korea Selatan. (Unsplash.com/Stephanie Nakagawa)

Dilansir Al Jazeera, Pada tahun 1995, Sebuah department store pernah runtuh dan menewaskan lebih dari 500 orang, dan jembatan runtuh pada tahun 1994 yang menewaskan 49 orang.

Akan tetapi, Korsel dalam beberapa tahun terakhir telah mengambil langkah untuk meningkatkan catatan keamanan infrastrukturnya menyusul sejumlah bencana yang kerap terjadi di Negeri Ginseng tersebut.

Baca Juga: Korea Selatan Terus Alami Penurunan Populasi Sejak Awal 2021

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya