Korsel Berhasil Luncurkan Satelit Nano Buatan Dalam Negeri Pertama

Satelit nano pertama dari 11 yang telah direncanakan

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan (Korsel) berhasil mengorbitkan satelit nano observasi Bumi buatan dalam negerinya yang pertama.

Arirang melaporkan, satelit itu dibawa ke luar angkasa oleh roket orbit elektron ringan milik perusahaan Amerika Serikat (AS), Rocket Lab, yang diluncurkan pada Rabu (24/4/2024) dari spaceport di Mahia, Selandia Baru.

Roket tersebut juga membawa sistem layar surya komposit canggih yang dibuat oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA).

1. Peluncuran sempat ditunda karena risiko tabrakan

Awalnya, peluncuran dijadwalkan berlangsung pada pukul 07:08 waktu Korsel, namun ditunda karena potensi risiko tabrakan dengan kendaraan luar angkasa lain. Satelit pun akhirnya diluncurkan pada pukul 07:32.

Menurut Kementerian Sains dan Teknologi Informasi Korsel, satelit tersebut diberi nama NEONSAT-1, dan berhasil dipisahkan dari roket yang membawanya pada pukul 08:22 atau sekitar 50 menit setelah lepas landas. Nantinya, satelit itu akan melakukan kontak dengan Korea Aerospace Research Institute (KARI).

Kementerian kemudian mengonfirmasi bahwa satelit tersebut berhasil melakukan kontak dengan Stasiun King Sejong di Antartika pada pukul 14:13 dan 15:44, dilansir KBS World.

Satelit nano tersebut dikembangkan oleh Pusat Penelitian Teknologi Satelit di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). 

Baca Juga: Korsel Pertimbangkan Beri Insentif Rp1,1 M untuk Bayi yang Lahir

2. Satelit diluncurkan untuk mengambil gambar Semenanjung Korea dan sekitarnya

Korsel Berhasil Luncurkan Satelit Nano Buatan Dalam Negeri PertamaIlustrasi luar angkasa. (unsplash.com/NASA)

NEONSAT-1 merupakan yang pertama dari 11 satelit nano yang direncanakan Korsel dari misi 'Beginning of the Swarm', yang bertujuan membentuk jaringan konstelasi satelit pada 2027.

Satelit itu akan memantau dan mengambil gambar Semenanjung Korea dan wilayah sekitarnya, guna membantu pemerintah untuk dengan cepat merespons bencana alam atau ancaman apa pun terhadap keamanan negara. Kementerian Sains menuturkan, peluncuran satelit ini juga dapat mengurangi biaya yang diperlukan untuk membeli citra satelit dari luar negeri.

Dengan berat kurang dari 100 kilogram, satelit nano akan digunakan untuk mengamati Bumi dengan menggunakan kamera optik beresolusi tinggi dari ketinggian 500 kilometer.

3. Sekitar 10 Satelit nano lainnya akan diluncurkan dengan roket Nuri buatan dalam negeri

Korsel Berhasil Luncurkan Satelit Nano Buatan Dalam Negeri PertamaKorea Selatan telah meluncurkan roket luar angkasa pertama buatannya sendiri pada hari Kamis, 21 Oktober 2021 di Goheung. (instagram.com/moonjaein)

Korsel berencana meluncurkan 5 satelit nano lagi pada Juni 2026, dan 5 satelit nano lainnya pada September 2027 dengan menggunakan roket luar angkasa Nuri buatan dalam negeri.

Lee Chang-yune, wakil menteri sains pertama yang bertanggung jawab atas kebijakan sains dan teknologi, mengaitkan keberhasilan peluncuran satelit pertama dengan konsentrasi industri, akademisi, dan kemampuan penelitian di seluruh proses pengembangan, produksi, dan peluncuran.

"Kami berencana untuk mengembangkan satelit lanjutan, tanpa hambatan sejalan dengan era ruang angkasa baru untuk lebih memperkuat daya saing teknologi luar angkasa Korea dan terus mengembangkan industri luar angkasa," ungkapnya, dikutip dari Korea Herald.

Dimulai pada Mei 2020 dan akan berlangsung hingga Desember 2027, proyek yang didanai melalui Kementerian Sains ini merogoh biaya lebih dari 230 miliar won (sekitar Rp2,7 triliun).

Baca Juga: Korut Luncurkan Dua Rudal Jelajah Strategis Super Besar

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya