Comscore Tracker

COVID-19 Menyebar Lagi di Wuhan, Tes PCR Massal Digelar

Wuhan juga melakukan sejumlah pembatasan dan penutupan

Jakarta, IDN Times – Otoritas kesehatan Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, menggelar tes PCR secara massal dan menutup sementara sekolah dan objek-objek wisata. Hal itu dilakukan di tengah peningkatan kasus COVID-19 di kota tempat awal virus corona ditemukan itu.

Pusat-pusat perbelanjaan kota itu dipenuhi warga yang memborong barang-barang kebutuhan pokok sebagai persiapan jika wilayah itu ditutup total (lockdown) seperti pada awal 2020 lalu.

Bus dan kereta bawah tanah yang biasanya ramai, tiba-tiba sepi dalam tiga hari terakhir.

Baca Juga: Tak Puas dengan Temuan WHO di Wuhan, AS Telusuri Sendiri Asal Corona

1. Wuhan menggelar tes PCR massal

COVID-19 Menyebar Lagi di Wuhan, Tes PCR Massal Digelar(ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri RI)

ANTARA melaporkan tes massal PCR mulai digelar pada Rabu (4/8/2021) atau dua hari setelah ditemukan kasus COVID-19 varian Delta pada warga Wuhan. Penyebaran ini terkait dengan klaster Nanjing, Provinsi Jiangsu.

Sebuah tayangan video memperlihatkan seorang sopir taksi di Wuhan mengenakan masker, kaus tangan, dan menyemprotkan disinfektan kepada seorang penumpang yang harus mengangkat kaki agar sol sepatunya ikut disterilkan.

“Orang-orang sudah mulai menimbun makanan, disinfektan, masker, tapi tetap teratur, tidak ada yang rebutan,” kata Chen Jingyuan, warga Wuhan, seperti dikutip Global Times.

2. Pemerintah menjamin ketersediaan kebutuhan warga

COVID-19 Menyebar Lagi di Wuhan, Tes PCR Massal DigelarSeorang anggota staf berjalan melewati sebuah sketsa Presiden China Xi Jinping memakai masker pelindung (ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song)

Di tengah ramainya warga yang melakukan pembelian barang-barang kebutuhan pokok, pemerintah Kota Wuhan mengatakan menjamin ketersediaan bahan-bahan kebutuhan dengan harga tetap.

Wuhan merupakan kota pertama di dunia yang dilanda COVID-19. Ibu Kota Provinsi Hubei itu juga kota pertama di dunia yang menerapkan lockdown. Pada saat wabah COVID-19 melanda, Wuhan dikunci selama 76 hari pada 23 Januari-8 April 2020.

Sejak Juni 2020, tidak ditemukan kasus baru yang menimpa warga lokal di kota itu.

Namun pada Senin (2/8/2021) lalu, masyarakat Wuhan dikejutkan dengan adanya kasus varian Delta yang menginfeksi 11 warga setempat.

Baca Juga: Wuhan akan Lakukan Pengujian Terhadap Semua Warganya

3. Pekerja kesehatan dikerahkan untuk lakukan tes

COVID-19 Menyebar Lagi di Wuhan, Tes PCR Massal DigelarSuasana dalam ruang isolasi Rumah Sakit Palang Merah Wuhan di Wuhan, di tengah pandemik COVID-19, di provinsi Hubei, China, pada 16 Februari 2020. ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Cheng Cai, seorang dokter di Rumah Sakit Tongji Wuhan yang terlibat dalam peperangan melawan virus selama lebih dari dua bulan pada 2020, mengatakan bahwa beberapa dokter dan perawat dari rumah sakitnya dikerahkan untuk melaksanakan tes massal.

“Beberapa ribu sampel dapat diambil dalam waktu satu jam,” kata Zheng Jing, dokter Wuhan lainnya.

Baca Juga: Wuhan akan Lakukan Pengujian Terhadap Semua Warganya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya