Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun Terakhir

Banyak yang terjadi tak lama setelah take off

Jakarta, IDN Times – Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182 pada Sabtu 9 Januari 2021, menambah panjang daftar kecelakaan pesawat yang terjadi di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 dikabarkan hilang kontak pada Sabtu pukul 14.40 WIB, tak lama setelah lepas landas. Koordinat jatuhnya pesawat ditemukan di perairan sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. 

Hingga hari ini, Senin (11/1/2021), upaya pencarian terhadap para penumpang pesawat nahas itu terus dilakukan. Para petugas terkait juga terus melakukan pengumpulan serpihan benda-benda dari pesawat tersebut. Pesawat itu mengangkut 62 orang, yang terdiri dari 40 orang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi, dan 12 awak kabin.

Berikut adalah daftar kecelakaan pesawat yang terjadi dalam 10 tahun terakhir.

Baca Juga: Profil Sriwijaya Air, Maskapai yang Tiru Visi Kerajaan Sriwijaya

1. Ukraine International Airlines PS752 dan Pakistan Airlines Airbus A320 pada 2020

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirKerabat anggota kru pesawat Boeing 737-800 Ukraine International Airlines yang jatuh di Iran ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko

22 Mei: Sebuah pesawat Airbus A320 Pakistan Airlines yang membawa 91 penumpang dan delapan awak jatuh di daerah pemukiman kota Karachi di Pakistan selatan, menewaskan lebih dari 90 orang. Setidaknya dua penumpang selamat dari kecelakaan itu.

8 Januari: Penerbangan Ukraine International Airlines PS752 jatuh tak lama setelah lepas landas dari ibukota Iran, Teheran, menewaskan 176 penumpang dan awak di dalamnya. Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Tak lama setelahnya, pemerintah Iran akhirnya mengakui telah menjatuhkan pesawat itu secara tidak sengaja.

2. Ethiopian Airlines Boeing 737 Max pada 2019

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirDok Istimewa

10 Maret: Pesawat Ethiopian Airlines Boeing 737 Max jatuh enam menit setelah lepas landas dari Addis Ababa. Semua orang di dalamnya yang berjumlah 157 orang, tewas dalam kejadian itu. Para korban berasal lebih dari 30 negara.

3. Ada 6 kecelakaan termasuk Lion Air Boeing 737 Max pada 2018

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirDok.Istimewa/Lion Air

29 Oktober: Sebuah pesawat Boeing 737 Max yang dioperasikan oleh Lion Air, jatuh ke Laut Jawa tak lama setelah lepas landas dari Jakarta, Indonesia. Semua penumpang dan awaknya, yang berjumlah 189 orang, meninggal dalam kejadian itu.

Pada saat proses evakuasi berlangsung, seorang penyelam sukarelawan juga meninggal. Penyelidik mengatakan pesawat yang memiliki masalah teknis pada penerbangan sebelumnya itu, seharusnya dilarang terbang, menurut BBC.

18 Mei: Sebuah pesawat penumpang Boeing 737 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Jose Marti di Havana, menewaskan 112 orang. Satu penumpang selamat.

11 April: Sebuah pesawat militer jatuh tak lama setelah lepas landas di dekat ibu kota Aljazair, Algiers, menewaskan semua atau total 257 orang di dalamnya, termasuk 10 awak. Sebagian besar yang tewas adalah tentara dan keluarganya.

12 Maret: Sebuah pesawat yang membawa 71 penumpang dan awak jatuh saat mendarat di bandara Kathmandu. Lebih dari 50 orang tewas saat turboprop Bombardier Dash 8 itu jatuh.

18 Februari: Sebuah pesawat penumpang jatuh ke pegunungan Zagros di Iran menewaskan 66 orang di dalamnya. Turboprop ATR Aseman Airlines jatuh sekitar satu jam setelah lepas landas di ibu kota, Teheran, menuju kota barat daya Yasuj.

11 Februari: Sebuah pesawat penumpang Rusia jatuh beberapa menit setelah meninggalkan bandara Domodedovo Moskow dengan 71 orang di dalamnya. Antonov An-148 milik Saratov Airlines itu sedang dalam perjalanan ke kota Orsk di pegunungan Ural ketika jatuh di dekat desa Argunovo, sekitar 80 km tenggara Moskow.

Sementara itu pada 2017 tidak ada kecelakaan pesawat penumpang terjadi, menjadikannya tahun teraman dalam sejarah maskapai penerbangan komersial.

4. Ada 5 kecelakaan pada 2016

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun Terakhir(Pesawat Aeroflot Rusia terbakar saat melakukan pendaratan. 41 orang dilaporkan tewas) ANTARA FOTO/Twitter @Justin Goslin via REUTERS

25 Desember: Sebuah pesawat jet militer Rusia Tu-154 jatuh di Laut Hitam, membawa 92 penumpang dan awak. Pesawat itu jatuh segera setelah lepas landas dari bandara dekat kota Sochi. Pesawat itu membawa artis yang telah menggelar konser untuk pasukan Rusia di Suriah, bersama dengan wartawan dan militer.

7 Desember: Semua penumpang (48 orang) di dalam pesawat Pakistan International Airlines (PIA) tewas ketika pesawat jatuh di bagian utara negara itu.

28 November: Pesawat yang membawa tim sepak bola dari klub Brasil Chapecoense kehabisan bahan bakar dan jatuh di dekat Medellin, Kolombia, menewaskan 71 orang, termasuk sebagian besar pemain dan manajemen. Ada enam orang penumpang yang selamat dari kejadian tersebut, tiga di antaranya adalah anggota tim sepak bola.

19 Mei: Presiden Prancis Francois Hollande mengkonfirmasi bahwa sebuah penerbangan EgyptAir yang dilaporkan hilang antara Paris hingga Kairo telah jatuh, dengan 66 orang di dalamnya.

19 Maret: Pesawat Boeing 737-800 FlyDubai jatuh di Rostov-on-Don, Rusia, menewaskan 62 orang di dalamnya.

5. Ada 3 kecelakaan pada 2015

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirAcara Peluncuran Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

31 Oktober: Sebuah pesawat Airbus A321, yang dioperasikan oleh maskapai Rusia Kogalymavia, jatuh di atas Sinai tengah sekitar 22 menit setelah lepas landas dari Sharm el-Sheikh, menewaskan semua 224 orang di dalamnya. Afiliasi lokal kelompok Negara Islam (ISIS) kemudian mengatakan mereka yang menjatuhkan pesawat sebagai tanggapan atas intervensi Rusia di Suriah.

30 Juni: Pesawat angkut militer Hercules C-130 Indonesia jatuh di daerah pemukiman di Medan. Militer mengatakan semua penumpang yang terdiri dari 122 orang di dalamnya tewas, bersama dengan setidaknya 19 orang warga di lokasi tempat pesawat jatuh.

24 Maret: Pesawat Airbus A320 Germanwings jatuh di Pegunungan Alpen Prancis dekat Digne, dalam penerbangan dari Barcelona ke Dusseldorf. Semua penumpang atau 148 orang di dalamnya tewas.

6. Ada 6 kecelakaan termasuk Boeing 737 Max pada 2014

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun Terakhirwww.airasia.com

28 Desember: AirAsia QZ8501 yang terbang dari Surabaya ke Singapura hilang di Laut Jawa. Pilot pesawat itu dilaporkan mengirimkan pesan radio untuk meminta izin berbalik karena cuaca buruk tetapi tidak ada peringatan mayday yang dikeluarkan. Ada 162 penumpang dan awak kapal yang terbang di dalam pesawat itu.

24 Juli: Air Algerie AH5017 menghilang di atas Mali di tengah cuaca buruk di dekat perbatasan dengan Burkina Faso. McDonnell Douglas MD-83 itu dioperasikan oleh Swiftair Spanyol, dan sedang menuju ke Algiers dari Ouagadougou. Pesawat itu membawa 116 penumpang, 51 di antaranya orang Prancis. Semua penumpang meninggal dunia.

23 Juli: Pesawat ATR-72 Taiwan jatuh di saat badai di lautan dalam penerbangan singkatnya. TransAsia Airways GE222 itu membawa 54 penumpang dan empat awak ke pulau Penghu. Dari total itu, 48 orang penumpang tewas.

17 Juli: Pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di dekat Grabove di timur Ukraina, menewaskan 298 orang di dalamnya. Sebanyak 193 penumpang di antaranya adalah orang Belanda. Pemberontak pro-Rusia diyakini telah menembak pesawat tersebut namun mereka menyangkal tuduhan itu.

8 Maret: Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang selama penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Ini menimbulkan upaya pencarian terbesar dan termahal dalam sejarah penerbangan. Pencarian berlangsung selama lebih dari setahun, di mana pada Juli 2015 bagian sayap pesawat itu baru ditemukan terdampar di Pulau Reunion. Pejabat Prancis mengkonfirmasi puing-puing itu berasal dari MH370.

11 Februari: Sebuah pesawat angkut militer - Hercules C-130 - yang membawa 78 orang jatuh di bagian pegunungan Aljazair timur laut. Laporan menunjukkan ada satu yang selamat dari antara personel militer, anggota keluarga, dan kru yang menjadi penumpang.

7. Ada 2 kecelakaan pada 2013

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirIlustrasi pesawat Boeing 737 Max (Dokumentasi dari Boeing)

17 November: Pesawat Boeing 737 Tatarstan Airlines jatuh saat mendarat di Kazan, Rusia, menewaskan semua 50 orang di dalamnya.

16 Oktober: Empat puluh sembilan orang, termasuk orang asing dari sekitar 10 negara serta warga Laos, tewas ketika Lao Airlines ATR 72-600 jatuh ke Sungai Mekong saat mendarat.

Baca Juga: Penyelam Bertarung Lawan Air Keruh Bawah Laut Cari Sriwijaya Air 

8. Ada 2 kecelakaan pada 2012

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirIlustrasi pesawat Boeing 737 Max (www.cnet.com)

3 Juni: Sebuah pesawat penumpang Dana Air dengan sekitar 150 orang di dalamnya jatuh di daerah padat penduduk di kota terbesar Nigeria, Lagos.

20 April: Pesawat Boeing 737 Bhoja Air jatuh saat mendekati bandara utama di ibu kota Pakistan, Islamabad, menewaskan 121 penumpang dan enam awak.

9. Tahun 2011

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun TerakhirSerpihan pesawat Maskapai Internasional Ukraina, yang jatuh setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini Iran pada 8 Januari 2020. ANTARA FOTO/Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS

26 Juli: Sekitar 78 orang tewas ketika pesawat militer Maroko C-130 Hercules menabrak gunung dekat Guelmim di Maroko. Para pejabat menyebut kecelakaan itu terjadi karena cuaca buruk.

8 Juli: Sebuah pesawat Hewa Bora Airways mendarat dalam cuaca buruk di Republik Demokratik Kongo, menewaskan 74 dari 118 orang di dalamnya.

9 Januari: Pesawat Boeing 727 IranAir hancur berkeping-keping di dekat kota Orumiyeh, menewaskan 77 dari 100 orang di dalamnya. Pilot telah melaporkan adanya kegagalan teknis sebelum mencoba mendarat.

10. Ada 6 kecelakaan pada 2010

Deretan Kecelakaan Pesawat selama 10 Tahun Terakhir(Ilustrasi Boeing 737 MAX) www.boeing.com

5 November: Pesawat penumpang Aerocaribbean jatuh di pegunungan di Kuba tengah, menewaskan 68 orang di dalamnya.

28 Juli: Sebuah pesawat Pakistan Airblue yang sedang dalam penerbangan domestik dari Karachi jatuh di lereng bukit saat mencoba mendarat di bandara Islamabad, menewaskan 152 orang di dalamnya.

22 Mei: Pesawat Boeing 737 Air India Express melintas melewati bandara di puncak bukit di Mangalore, India selatan, dan menabrak lembah. Pesawat itu terbakar dan menewaskan 158 orang.

12 Mei: Pesawat Airbus 330 Afriqiyah Airways jatuh saat mencoba mendarat di dekat bandara Tripoli di Libya, menewaskan lebih dari 100 orang.

10 April: Sebuah pesawat Tupolev 154 yang membawa Presiden Polandia Lech Kaczynski jatuh di dekat bandara Smolensk Rusia, menewaskan lebih dari 90 orang di dalamnya.

25 Januari: Pesawat penumpang Ethiopian Airlines jatuh ke laut dengan 89 orang di dalamnya tak lama setelah lepas landas dari Beirut.

Itulah daftar kecelakaan pesawat yang terjadi di seluruh dunia  selama 10 tahun terakhir. Semoga infonya bermanfaat!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya