Michelle Obama Alami Depresi Tingkat Rendah Selama Pandemik COVID-19

“Ini adalah masa-masa yang penuh tantangan."

Jakarta, IDN Times – Mantan ibu negara Amerika Serikat (AS) Michelle Obama mengatakan dirinya mengalami depresi tingkat rendah karena pandemik COVID-19 dan sejumlah tantangan lainnya yang ia hadapi pada 2020. Ia membagikan kisah perjuangannya melewati berbagai masalah tersebut dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Rabu (10/3/2021).

“Depresi dapat dimaklumi dalam keadaan ini, selama masa-masa ini. Untuk berpikir bahwa entah bagaimana kita bisa terus mengatasi semua keterkejutan dan trauma serta pergolakan yang kita alami tanpa merasakannya seperti itu adalah tidak realistis. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita perlu berbicara lebih banyak tentang kesehatan mental karena semua orang menghadapi trauma, kecemasan, kesulitan dengan cara yang berbeda,” katanya dalam wawancara dengan majalah People, mengutip CNN.

Baca Juga: 5 Ilmuwan Perempuan Muslim Berpengaruh dalam Sejarah Sains Dunia

1. Banyak warga AS mengalami gangguan kesehatan mental akibat pandemik

Michelle Obama Alami Depresi Tingkat Rendah Selama Pandemik COVID-19Instagram.com/michelleobama

Pandemik COVID-19 dan kejatuhan ekonomi telah membawa krisis kesehatan mental di Amerika. Survei Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Agustus menunjukkan bahwa hampir 41 persen responden melaporkan masalah kesehatan mental yang berasal dari pandemik.

Sekitar 1 dari 3 orang Amerika mengatakan mereka pernah mengalami gejala kecemasan atau depresi, menurut survei tersebut.

Baca Juga: 28 Tahun Menikah, 10 Potret Romantis Barack Obama dan Michelle Obama

2. Mengalami depresi tingkat rendah

Michelle Obama Alami Depresi Tingkat Rendah Selama Pandemik COVID-19Instagram.com/michelleobama

Pada musim panas lalu, istri dari Mantan Presiden Barrack Obama itu mengungkapkan di podcastnya bahwa dia menderita depresi tingkat rendah selama puncak pandemik, dan saat terjadi kekerasan rasial dan perselisihan politik di AS.

Dalam majalah People, Michelle mengatakan bahwa dia perlu mengakui apa yang dialaminya karena sering kali orang malah menutupi hal tersebut. Ia bahkan mengatakan orang-orang yang mengalami depresi seharusnya bangkit dan menjadi lebih kuat.

“Kita mengalami pembunuhan berkelanjutan atas orang-orang kulit hitam di tangan polisi. Hanya melihat video George Floyd, mengalami delapan menit itu. Itu banyak yang harus dilakukan, belum lagi berada di tengah-tengah karantina,” katanya.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional 2021: Ajak Perempuan untuk Sadar Pilihan

3. Telah mendapat vaksin COVID-19

Michelle Obama Alami Depresi Tingkat Rendah Selama Pandemik COVID-19Michelle Obama. instagram.com/michelleobama

Michelle juga mengatakan kepada majalah People bahwa dia telah mendapatkan vaksin COVID-19 dan mengajak semua orang untuk menerima vaksin begitu memiliki kesempatan.

Ia juga mengatakan pandemik telah memungkinkan dirinya dan Obama untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan kedua putri mereka saat mereka dikarantina di rumah.

“Ini adalah masa-masa yang penuh tantangan. Banyak orang berjuang: pekerjaan hilang, orang kelaparan,” katanya kepada People. “Kami telah belajar menghitung berkat kami, pentingnya kesehatan dan keluarga.”

Baca Juga: 10 Buku Favorit Barack Obama yang Cocok untuk Kamu Baca

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya