Comscore Tracker

Pria Bersenjata Mencoba Menyerang Khatib Masjidil Haram

Video penyerangan di Masjidil Haram viral di media sosial

Jakarta, IDN Times – Sebuah insiden terjadi di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi pada Jumat (21/5/2021). Seorang pria bersenjata ditangkap setelah mencoba menyerang Syeikh Bandar Baleelah yang sedang menyampaikan khotbah sebelum salat Jumat di Ka'bah.

Dalam cuplikan video yang viral di media sosial, terlihat petugas yang sedang berjaga menahan pria penyerang itu.

“Pria itu segera ditangkap dan tindakan hukum telah dimulai terhadapnya,” kata seorang juru bicara polisi, mengutip Saudi Gazette.

Baca Juga: Perdana! Arab Saudi Merilis Foto Hajar Aswad dengan Resolusi Tinggi

1. Pelaku membawa senjata

Pria Bersenjata Mencoba Menyerang Khatib Masjidil HaramSuasana memperlihatkan Ka'bah saat umat Muslim menjaga jarak sosial saat melakukan Tawaf mereka yang terakhit, memperingati berakhirnya musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19), di kota suci Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Foto diambil tanggal 2 Agustus 2020 (ANTARA FOTO/Sultan Al-Masoudi)

Laporan menunjukkan bahwa penyerang itu mengenakan ihram atau pakaian yang dikenakan seseorang untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umrah.

Ia juga membawa senjata tangan saat mencoba menuju mimbar tempat Imam menyampaikan khotbahnya.

2. Viral di media sosial

Pria Bersenjata Mencoba Menyerang Khatib Masjidil HaramSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Aksi tersebut sempat terekam video dan viral di berbagai media sosial. Dari video, terlihat seorang pria tampak menenteng sebuah senjata berlaras panjang di tangan kanannya.

Pembawa senjata tersebut tampak berlari dari arah jemaah menuju mimbar tempat khatib Sheikh Bander membacakan khotbah. Akan tetapi, menurut Asia Net News, petugas keamanan yang dilengkapi senjata langsung menangani pria tersebut dan berhasil membekuknya.

Baca Juga: Asal Muasal dan Sejarah Hajar Aswad

3. Bukan insiden bersenjata pertama

Pria Bersenjata Mencoba Menyerang Khatib Masjidil HaramIDN Times/Uni Lubis

Menurut Daily Pakistan, ini bukan insiden bersenjata pertama yang terjadi di tanah suci.

Sebelumnya pada bulan lalu, seorang pria bersenjatakan pisau yang meneriakkan slogan-slogan teror juga membuat kekacauan di Masjidil Haram. Ia telah ditahan.

Baca Juga: [FOTO] Arab Saudi Mulai Bolehkan Warganya Salat di Masjidil Haram   

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya