Temui Wapres, Menlu Pastikan RI Gak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Indonesia dukung kemerdekaan Palestina

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, menerima audiensi dari Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, di Istana Wapres, Jakarta Pusat pada Rabu (17/4/2024).

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, dalam pertemuan tersebut Retno melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran-Israel dan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut.

“Jadi Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel,” kata Masduki dalam pernyataan resminya.

1. Indonesia konsisten dukung kemerdekaan Palestina

Temui Wapres, Menlu Pastikan RI Gak Normalisasi Hubungan dengan IsraelMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari duta besar negara Arab karena perjuangannya membela Palestina. (dok. Kemlu RI)

Selain itu, Retno juga melaporkan pada Ma'ruf mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Retno menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

“Jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia,” ujar Masduki

“Jadi Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini,” sambungnya.

Baca Juga: Iri, Zelenskyy Minta AS Perhatikan Ukraina Seperti Israel

2. Wapres dukung langkah Menlu

Temui Wapres, Menlu Pastikan RI Gak Normalisasi Hubungan dengan IsraelWapres K.H. Ma’ruf Amin mengukuhkan KDEKS Kota Manado, Sulut, Kamis (04/04/2024). (dok. Setpwares)

Kemudian, Masduki memastikan Ma'ruf Amin mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan Two-State Solution.

“Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten (menerapkan) Two-State Solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan,” katanya.

3. Indonesia tidak akan normalisasi hubungan dengan Israel demi OECD

Temui Wapres, Menlu Pastikan RI Gak Normalisasi Hubungan dengan IsraelJubir Kemlu Lalu Muhamad Iqbal menyatakan serius maju di Pilgub NTB 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia kembali membantah upaya pemerintah membangun hubungan diplomatik dengan Israel.

Kabar terbaru soal normalisasi dengan Israel menjadi salah satu syarat agar Indonesia mendapat dukungan Tel Aviv untuk menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

“Saya tegaskan, hingga saat ini tidak ada rencana untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel, terlebih di tengah situasi kekejaman Israel di Gaza,” kata juru bicara Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, dikutip dari keterangan tertulisnya pada Jumat (12/4/2024).

Baca Juga: Kemlu: KBRI Teheran Sudah Susun Rencana Kontijensi untuk WNI

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya