Akhirnya Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Juga, Apa Dampaknya?

Akankah ada peningkatan hubungan bilateral antara Iran dan Indonesia?

Setelah bertahun-tahun diembargo, tepat pada tanggal 16 Januari 2016 akhirnya Iran memperoleh kembali kebebasan ekonomi mereka. Sanksi ekonomi yang Iran dapatkan sudah dicabut. Hal ini tentunya menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi Iran sendiri maupun sejumlah negara lain yang berhubungan dagang dengan negara Timur Tengah tersebut.  

Akhirnya Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Juga, Apa Dampaknya?Sumber Gambar: vibiznews.com
Tidak hanya mengumumkan kebebasan ekonomi yang telah diperolehnya, Iran juga telah membebaskan wartawan Washington Post, Jason Rezain dan dua rekannya yang dijadikan sebagai pertukaran tahanan dengan Amerika Serikat selama satu tahun. Mereka mendarat di Jerman pada Ahad, 17 Januari 2016. 

Pada hari Sabtu, 16 Januari 2016, Badan Pengawas Nuklir PBB telah memutuskan bahwa Iran telah mampu mematuhi kesepakatan tahun lalu dengan enam negara besar dunia untuk mengurangi program nuklirnya. Dengan pernyataan PBB itu, maka Iran berhak mendapatkan hak ekonominya kembali.

Dampak pembebasan sanksi ekonomi Iran.

Akhirnya Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Juga, Apa Dampaknya?Sumber Gambar: tempo.co

Tak lama berselang usai pengumuman pencabutan sanksi ekonomi ini, Amerika Serikat secara resmi langsung membuka kembali keran perbankan, baja, perkapalan, dan lain sebagianya. Ini juga jadi indikasi bahwa hubungan antara Amerika Serikat dan Iran kini sudah mulai mencair kembali sejak Iran mengumumkan berdirinya Republik Islam Iran. 

Sejumlah milyaran dolar AS aset Iran yang sebelumnya sempat dibekukan akan segera dicairkan kembali. Selain itu, pasar global Iran yang dulunya dilarang, kini lebih bebas dan leluasa. Iran akan mendapatkan kesempatan untuk memasarkan apapun, baik mobil maupun pesawat sekalipun.

Akhirnya Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Juga, Apa Dampaknya?Sumber Gambar: skanaa.com

Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla juga sangat menyambut baik pencabutan sanksi ekonomi bagi Iran. Berkat adanya pembebasan ini maka akan membuka kesempatan peningkatan hubungan bilateral oleh Iran dengan Indonesia.

Ditambah lagi, ini akan mempermudah Indonesia dalam merundingkan pembelian minyak mentah di Iran nantinya. Jusuf Kalla pun saat ini juga telah menerima kunjungan dari duta besar Iran, Valiollah Mohammadi. Pertemuan tersebut membahas mengenai isu Islam global dan kerjasama Indonesia di sektor keuangan dan teknologi nuklir.

Apa yang membuat sanksi ekonomi Iran dicabut?

Akhirnya Sanksi Ekonomi Iran Dicabut Juga, Apa Dampaknya?Sumber Gambar: okezone.com

Sejumlah negara kekuatan utama dunia yaitu Inggris, Cina, Prancis, Jerman, Rusia, dan Amerika Serikat telah membuat kesepakatan bersejarah dengan Iran mengenai teknologi nuklir, pada hari Selasa pekan lalu. Dengan adanya kesepakatan ini maka Iran tidak diizinkan lagi mengembangkan bom nuklir.

Kesepakatan tersebut sekaligus menjadi dasar pencabutan sanksi ekonomi terhadap Iran. Kesepakatan yang dicapai pada hari ke-18 dalam pembicaraan maraton di Wina, Austria ini juga menyimpulkan pembatasan pengembangan nuklir dan memastikan Iran tak akan membuat bom atom.

Topik:

Berita Terkini Lainnya