Awas, Beberapa Malware Bisa Ubah Kamera CCTV Jadi Mata-Mata

Kamera CCTV bisa digunakan untuk memberikan informasi berharga ke para kriminal.

Kamera CCTV (Closed-Circuit TV) adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi kondisi sekitar. Banyak orang yang memakainya dengan tujuan untuk mengawai sekitar. Namun, tahukah anda bahwa kamera CCTV ini ternyata bisa menjadi senjata makan tuan?

Awas, Beberapa Malware Bisa Ubah Kamera CCTV Jadi Mata-MataSumber Gambar: wonderhowto.com

Dilansir dari Engadget, para peneliti dari Incapsula ternyata berhasil menciptakan kode yang mampu merubah kamera CCTV yang ada di mall, kantor, dan rumah warga setempat menjadi robot software atau botnet. Artinya, kamera tersebut bisa disalah fungsikan oleh para hacker untuk mengawasi kondisi sekitar. Ini tentunya bisa menjadi senjata makan tuan bagi para pengguna kamera CCTV tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, ada sekitar 900 kamera CCTV yang ternyata telah terserang oleh botnet ini. Setelah dibajak, tentunya kamera tersebut akan bisa menjadi mata-mata yang dikendalikan langsung oleh pelakunya. Kamera CCTV yang awalnya digunakan untuk mengawasi dan melindungi daerah sekitar malah memberikan info yang sangat berharga bagi para hacker. Bahkan informasi tersebut nantinya bisa disalahgunakan untuk kejahatan kriminal.

Awas, Beberapa Malware Bisa Ubah Kamera CCTV Jadi Mata-MataSumber Gambar: viva.co.id

Biasanya malware ini akan menyerang kamera CCTV yang sistem keamanannya lemah sehingga bisa dengan mudah dibobol. Sayangnya, ada jutaan kamera CCTV yang ada di dunia dan masih banyak yang belum memiliki sistem keamanan yang mumpuni.

Topik:

Berita Terkini Lainnya