Bikin Bangga! Angklung Diajarkan di Universitas Yale, Amerika Serikat

Negara mereka mengenalkannya ke generasi-generasi Millenials, bagaimana dengan kita?

Kita patut bangga karena budaya dan bahasa kita ternyata banyak diakui oleh negara-negara besar di dunia. Bahkan, tak sedikit yang membawa budaya Indonesia tersebut ke negara mereka dan mengenalkannya ke generasi Millenials.

Bikin Bangga! Angklung Diajarkan di Universitas Yale, Amerika Serikateducation.embassyofindonesia.org

Di Universitas Yale Amerika Serikat, kita bisa mendengarkan sayup-sayup dentuman angklung yang di kelas Bahasa Indonesia Semester Kedua. Dentuman yang indah ini menandai dimulainya Program Bahasa dan Kebudayaan yang dilaksanakan kampus tersebut. 

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC, Ismunandar mengatakan bahwa pogram ini merupakan bagian dari Angklung Goes To School yang telah mencapai 7 negara bagian di AS.  "Tujuan dari program ini adalah mempromosikan keragaman dan keunikan Indonesia pada generasi muda Amerika," kata Ismunandar dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Rabu (22/1). 

Para profesional terjun langsung memberikan pengarahan.

Bikin Bangga! Angklung Diajarkan di Universitas Yale, Amerika Serikateducation.embassyofindonesia.org

Program Bahasa dan Kebudayaan Indonesia tersebut diampuh langsung oleh para profesional di bidangnya. Salah satunya adalah Indriyo Suksmono. Sebagai pengajar Bahasa Indonesia di kampus tersebut tak pernah lupa menyisipkan pengajaran budaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Keseriusan dalam mengenalkan budaya Indonesia di kampus tersebut juga terlihat dari diundangnya . Konduktor House of Angklung, Tricia Sumarijanto sebagai pemateri. 

Tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang budaya angklung saja, namun para siswa diberikan materi pelajaran bahasa, pengetahuan umum geografis, dan budaya Indonesia. Hal ini sangat positif guna menambah informasi atau pengetahuan bagi mahasiswa untuk mengenal Indonesia dengan lebih dalam lagi. 

Baca Juga: Tari Saman Tarik Perhatian Pada Festival Anak-anak Sedunia di Norwegia. 

Sebanyak 30 mahasiswa berdatangan mengikuti kelas ini.

Bikin Bangga! Angklung Diajarkan di Universitas Yale, Amerika Serikateducation.embassyofindonesia.org

Program Bahasa Indonesia ini diikuti sebanyak 30 mahasiswa Universitas Yale. yang terbagi dalam dua kelas. Dalam lima pertemuan pembelajaran angklung, para mahasiswa akan belajar mengenai materi lagu sederhana seperti Twinkle-Twinkle Little Star, All My Loving, Stand By Me, hingga America The Beautiful.  Menariknya lagi, para mahasiswa juga akan bermain lagu-lagu daerah yang terkenal seperti Cucak Rowo dan Pileleuyan.

Selanjutnya, para mahasiswa ini akan tampil dalam acara “Southeast Asia Spring Cultural Festival” yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2017 di depan sivitas akademika Universitas Yale.

Baca Juga: Bisa Main Angklung? Google Rayakan Ulang Tahun Pembuatnya, Daeng Soetigna. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya