Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, Belgia

Terduga pelaku bom terekam dalam CCTV

Pada hari Selasa (22/3) pukul 08.00 waktu setempat sebanyak tiga ledakan terjadi di jantung kota Brussels, Belgia. Lokasi ledakan ini berada tak begitu jauh dari kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Brussels. Bagaimana kronologi kejadian ledakan yang menggemparkan dunia ini?

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: cnn.com

Muhammad Iqbal selaku Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri menjelaskan mengenai kronologi kejadian berdasarkan laporan yang diterimanya dari KBRI Brussels. Kronologinya antara lain adalah sebagai berikut:

Ledakan di Zaventem Airport dan Maelbeek Metro Station.

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: cnn.com

Semua berawal dari dua ledakan di main departure hall di Zaventem Airport, Brussels. Sejumlah saksi mengatakan bahwa ledakan tersebut terjadi di dekat konter American Airlines di departure hall. Sebelum kejadian juga dikabarkan sempat terdengar letupan senjata api dan sejumlah teriakan dalam bahasa Arab. Otoritas bandara telah mengamankan sejumlah lokasi dan mendirikan crisis center.

Jarak Zaventem-KBRI Brussel sekitar 10 kilometer atau 15 menit dengan kendaraan. Pemerintah Belgia langsung menetapkan status Siaga 4 (paling berbahaya).

Baca Juga: 6 Video Amatir Pelaku Bom Sarinah.

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: cnn.com

Tidak berhenti sampai di situ saja, tak lama kemudian ada laporan lagi mengenai ledakan yang terjadi di Maelbeek Metro Station yang terletak tidak jauh dari kawasan Komisi dan Parlemen Uni Eropa. Ledakan ini berjarak 14 kilometer dari Zaventem dan 6,5 kilometer dari KBRI Brussel. Insiden ledakan ini membuat stasiun pusat Gare Central langsung dievakuasi.

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: cnn.com

Otoritas bandara juga langsung mengalihkan seluruh kedatangan pesawat ke Antwerp. Seluruh jalur kereta ke bandara juga dihentikan sementara. Bandara Charleroi juga mendapatkan pengamanan ketat dari pasukan keamanan.

Jumlah korban dan identitas pelaku.

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: bbc.com

Pihak Belgia telah merilis gambar tiga pria yang diduga pelaku pengeboman di Bandara Brussels. Gambar ketiga terduga pelaku tersebut didapatkan dari kamera pengintai yang terpasang di bandara. Dalam gambar yang disebarkan oleh kepolisian Belgia ini nampak tiga orang yang sedang mendorong sebuah troli dengan koper melewati area check-in bandara.

Pelaku digambarkan memiliki rambut gelap dan satu diantaranya memakai topi. Akibat aksi terorisme yang mereka lakukan, setidaknya 30 orang dilaporkan tewas dalam ledakan di bandara. Salah satu korban yang berhasil diidentifikasi adalah perempuan Peru berusia 37 tahu yang bersuami orang Belgia. Pasangan ini mempunyai anak kembar perempuan berusia empat tahun.

Kronologi dan Fakta Terkini Ledakan Bom di Brussels, BelgiaSumber gambar: cnn.com

Saat ini, jumlah korban tewas dalam insiden mematikan tersebut telah mencapai 35 orang. Sementara 200 orang lainnya mengalami luka-luka. Perdana Menteri Belgia Charles Michel sangat mengkhawatirkan adanya aksi terorisme susulan. Serangkaian ledakan yang terjadi di Brussels adalah hari kelam bagi negara tersebut.

Jumlah korban tewas diprediksi akan semakin bertambah. Pasalnya banyak korban luka-luka dalam kondisi luka berat akibat tubuh mereka dihujani paku-paku tajam.

Baca Juga: 11 Kabar Terbaru Kasus Bom Sarinah di Jakarta.

Topik:

Berita Terkini Lainnya