Lagi, Teori Gelombang Gravitasi Einstein Terbukti Kebenarannya!

Einstein meninggalkan petunjuk yang sampai sekarang masih misteri

Kesuksesan ilmuwan dalam mendeteksi gelombang gravitasi untuk yang kedua kalinya memberikan pertanda bahwa jagat raya ini memang sering berkicau. Alam semesta merupakan tempat yang keras. Persatuan dua lubang hitam super masif yang melepaskan energi dalam jumlah besar adalah peristiwa biasa. Dengan adanya bukti inilah Teori Einstein terbukti kebenarannya.

Dilansir New York Times, (17/6), peneliti Jolien Creighton yang tergabung dalam proyek pembuktian keberadaan gelombang gravitasi Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) mengatakan setiap jam selalu ada lubang hitam yang bersatu.

Lagi, Teori Gelombang Gravitasi Einstein Terbukti Kebenarannya!meetup.com

Apabila terdapat beberapa lubang hitam yang bersatu setiap jam, maka ada beberapa gelombang gravitasi pula yang sebenarnya dihasilkan alam semesta dalam kurun waktu tersebut. Dua di antara gelombang gravitasi yang dihasilkan dari peristiwa bersatunya dua lubang hitam lebih dari satu miliar tahun lalu kini telah terdeteksi.

Sebuah gelombang gravitasi terdeteksi pada September 2015 lalu dan diumumkan pada Februari 2016. Gelombang gravitasi kedua terdeteksi pada Natal 2015 dan diumumkan pada hari Kamis kemarin.

Baca Juga: Pagi-pagi Ahok Sudah Marahi Wartawan Media Online, Kenapa Bisa Terjadi?

Lagi, Teori Gelombang Gravitasi Einstein Terbukti Kebenarannya!beautifuldecay.com

Gelombang gravitasi tersebut saat diolah menjadi gelombang suara akan terdengar seperti suara kicauan sehingga sering disebut pula kicauan jagat raya. Hingga saat ini, terdapat empat fasilitas yang punya kapasitas untuk mendeteksi gelombang gravitasi. Selain LIGO, ada juga VIRGO di Italia, GEO600 di Jerman dan TAMA300 di Jepang.

Chad Hanna, ilmuwan lain yang terlibat proyek LIGO mengatakan bahwa ke depan sangat mungkin mendeteksi lebih banyak gelombang gravitasi. Dia yakin para peneliti akan lebih bisa mendeteksi puluhan gelombang dalam beberapa tahun ke depan dan ratusan pada akhir dekade nanti. Dengan banyaknya gelombang gravitasi, ilmuwan nantinya akan bisa mengekstrapolasi data dan melakukan sensus lubang hitam di alam semesta.

Seperti kicauan burung.

Lagi, Teori Gelombang Gravitasi Einstein Terbukti Kebenarannya!Chad Hanna - forbes.com

Kicauan jagat raya membuktikan adanya gelombang gravitasi, riak jagat raya yang diprediksi keberadaannya dalam Teori Relativitas Einstein. Meski disebut sebagai kicauan, gelombang gravitasi ini sama sekali bukan gelombang suara. Gelombang gravitasi sebenarnya tidak bisa didengar manusia dan memiliki karakteristik yang berbeda dengan gelombang suara.

Gelombang gravitasi yang ditemukan disebut kicauan karena ketika diolah sedemikian rupa oleh ilmuwan bunyinya terdengar seperti kicauan burung.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Margaret Atwood, Penerima Penghargaan Pen Pinter Prize 2016!

Topik:

Berita Terkini Lainnya