Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Ali

Selamat jalan, The Greatest

Rasa duka masih menyelimuti dunia. Kharisma dan pengaruh Muhammad Ali, yang telah berpulang pada hari Jumat (3/6) waktu Arizona, Amerika Serikat, tetap dirasakan semua orang. Muhammad Ali meninggal di usianya yang ke 74 tahun. Petinju yang menyedot perhatian dunia ini telah berjuang melawan penyakit parkinson selama bertahun-tahun.

Muhammad Ali lahir dengan nama Cassius Clay. Dia menjadi petinju muda top dan peraih medali emas Olimpiade. Dia merebut gelar juara dunia kelas berat untuk kali pertama pada 1964. Dalam periode itu, dia sukses menaklukkan Sonny Liston.

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Alijohn.do

Clay kemudian menjadi pemeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali. Tak lama berselang pada tahun 1967, gelar juara dunia milik Ali dilucuti karena dia menolak wajib militer saat Perang Vietnam pecah. Dia menolak karena memerangi orang lain adalah tindakan yang bertentangan dengan keyakinan barunya.

Baca Juga: Mengapa Kasus Pelecehan Seksual oleh Dosen FISIPOL UGM Baru Terkuak Sekarang?

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Alijohn.do

Tiga tahun setelah usai pensiun dari dunia tinju pada 1981, Ali mengumumkan bahwa dirinya terkena Parkinson. Penyakit itu membuat Ali mengalami penurunan fungsi syaraf yang membuat geraknya terbatas. Dilansir BBC.com, para kerabat dan keluarga terdekat Ali pun bercerita tentang keajaiban-keajaiban yang terjadi menjelang kematian sang legenda ini.

1. Denyut jantung Muhammad Ali masih berdetak meski semua organ tubuhnya sudah mati.

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Aliindependent.co.uk

Putri Ali, Hana bercerita tentang keajaiban yang dilihatnya pada saat kematian ayahnya. Jantung ayahnya masih berdenyut selama 30 menit setelah semua organ vital dalam tubuhnya dinyatakan tak berfungsi secara medis. Dia menganggap bahwa ini merupakan bukti tentang kekuatan kemauan dan semangatnya. Belum pernah ada orang yang melihat hal seperti ini.

2. Firasat buruk juga datang dari sang anak, Laila Ali.

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Alisindonews.com

Anak mendiang Muhammad Ali, Laila Ali merasa memiliki firasat sebelum kepergian ayahnya. Muhammad Ali sebelumnya sempat memposting foto sewaktu dia menggendong putri pertama Laila, Sydney. Laila Ali mengungkapkan bahwa dia menyukai foto saat Muhammad Ali menggendong Sydney saat masih kecil dan berkata dia merasakan cinta dan menghargai tindakan yang dilakukan ayahnya tersebut.

3. Muhammad Ali selalu tertidur sebelum masa kritisnya.

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Alisportingnews.com

Di saat sebelum meninggal dunia, Muhammad Ali terus tertidur sebelum masa kritisnya. Dia tidak bisa dibangunkan sampai akhirnya dibawa ke rumah sakit. Kondisi ini sebelumnya dianggap keluarga karena faktor kelelahan sang legenda namun kondisinya terus memburuk dan harus dipasang alat-alat medis agar menunjang kehidupannya.

4. Isi Tweet terakhir Muhammad Ali.

Ini Keajaiban yang Terjadi Menjelang Kematian Muhammad Alitwitter.com/MuhammadAli

Hashtag #AliTweet merupakan tweet yang benar-benar ditulis oleh sang legenda Muhammad Ali sendiri. Jika ditelusuri lebih lanjut diketahui bahwa tweet terakhir yang dibuat Muhammad Ali adalah dia mengucapkan selamat ulang tahun kepada vokalis U2. Dimana ia menulis "Happy Birthday to a champion of human rights & an inspiring friend. Bono @u2, thanks for your dedication & care for those in need #AliTweet," Sebuah pesan yang tentu saja bisa diartikan ke keadaan dirinya di masa mendatang, dimana tak lama lagi dia akan dipanggil oleh Tuhan.

Selamat jalan Muhammad Ali, semoga kau mendapatkan tempat terbaik.

Baca Juga: Buka Taman Bermain, Pria Terkaya Asal Tiongkok Ini Yakin Bisa Kalahkan Disneyland Shanghai!

Topik:

Berita Terkini Lainnya