ISIS, Teroris Terkaya Sepanjang Sejarah dengan Nilai Kekayaan Rp 31,4 Triliun

Salah satunya berkat penjualan minyak mentah dan penculikan tebusan.

ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) adalah kelompok teroris paling kaya sepanjang sejarah berkat penghasilan mereka yang sangat melimpah dari pembangkit energi, tambang minyak, pajak, pemerasan, dan penjarahan benda-benda antik.

ISIS, Teroris Terkaya Sepanjang Sejarah dengan Nilai Kekayaan Rp 31,4 TriliunSumber Gambar: radioaustralia.co.uk

Dilansir Reuters.com, (18/11), jumlah kekayaan yang dimiliki oleh ISIS terakumulasi mencapai 1,3 milliar poundsterling atau setara dengan 31,4 triliun rupiah. Hal inilah yang membuat mereka mampu membayar para pejuang yang bergabung di Timur Tengah. Bahkan mereka juga dengan mudah berekspansi di negara-negara barat.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pemasukan yang berhasil didapatkan oleh ISIS meningkat secara drastis. Angka tersebut termasuk dari pemasukan sebesar 1 juta poundsterling (0,9 miliar rupiah) per hari dari penjualan minyak mentah. Lalu pemasukan dari penculikan dengan tebusan bernilai 30 juta poundsterling (628 miliar rupiah) per tahun. Ditambah lagi dengan pajak penghasilan sebesar 20 persen yang diambil dari warga sejumlah 10 juta jiwa. Selanjutnya, penguasaan 40 persen dari produk gandum di Irak.

ISIS, Teroris Terkaya Sepanjang Sejarah dengan Nilai Kekayaan Rp 31,4 TriliunSumber Gambar: liputan6.com

Dengan kekayaan tersebut, ISIS mampu berkembang pesat baik itu secara iregional ataupun internasional. Tentu saja hal menjadi sebuah tantangan yang berat bagi para pemimpin dunia untuk mengalahkan gembong teroris ini.

ISIS, Teroris Terkaya Sepanjang Sejarah dengan Nilai Kekayaan Rp 31,4 TriliunSumber Gambar: intelejen.kompas.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya