Sebuah Ledakan Terjadi di Bandara Pudong, Shanghai, 4 Orang Luka-luka!

Apa penyebabnya?

Empat orang mengalami luka saat seorang pria meledakan perangkat peledak buatan sendiri di Bandara Internasional Pudong, Shanghai. Dilansir BBC.com, (13/6), semua berawal saat penyerang tersebut melemparkan botol berisi bahan peledak di dekat konter pendaftaran penumpang di Terminal 2. Usai melakukan aksinya, pria tersebut kemudian mengeluarkan pisau dan menusuk lehernya sendiri. Insiden ini terjadi pada hari Minggu 12 Juni 2016.

Sebuah Ledakan Terjadi di Bandara Pudong, Shanghai, 4 Orang Luka-luka!qz.com

Seorang saksi mata yang bernama Ni Bowen mengatakan bahwa dia sedang menunggu untuk check-in di Bandara Internasional Pudong saat ledakan keras tersebut terjadi. Dia menyaksikan sebuah botol bir penuh dengan asap putih menggelinding di dekat kakinya. Keempat korban menderita luka ringan dan dirawat di rumah sakit.

Penyerang yang tak disebutkan namanya ini saat ini dalam kondisi kritis. Ini bukan kasus yang pertama karena sudah terjadi sejumlah serangan di pusat transportasi umum di Tiongkok dengan alasan berbeda.

Baca Juga: Sterilisasi Jalur Busway Makin Ketat, Cuma Mobil Plat RI yang Boleh Lewat.

Peledakan ini tenyata bukan yang pertama kalinya terjadi.

Sebuah Ledakan Terjadi di Bandara Pudong, Shanghai, 4 Orang Luka-luka!rakyatku.com

Sebelumnya pada tahun 2013 seorang pria berkursi roda meledakkan bom di bandara Beijing sebagai pelampiasan atas masalah pribadi. Pria ini lalu dijatuhi hukuman enam tahun penjara. Selanjutnya pada bulan Maret 2014, terjadi serangan pada stasiun Kunming menewaskan 31 orang dan melukai lebih dari 140 orang.

Tiga orang Muslim Uighur dinyatakan sebagai pelakunya dan langsung dijatuhi hukuman mati. Lalu pada bulan Maret 2015, sembilan orang terluka dalam serangan dengan pisau di sebuah stasiun di kota Guangzhou, di Cina.

Kemenlu pastikan tak ada WNI yang terluka.

Sebuah Ledakan Terjadi di Bandara Pudong, Shanghai, 4 Orang Luka-luka!cnn.com

Kementerian Luar Negeri RI memastikan sejauh ini tidak ada warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban ledakan bom di Bandara Internasional Pudong, Shanghai. Konsulat Jenderal Republik Indonesia Shanghai terus memonitor perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas setempat terkait insiden bom yang terjadi di Shanghai baru-baru ini. Ledakan dari bahan peledak buatan di dekat penjualan tiket di Terminal Dua bandara tersebut beberapa saat terjadi setelah pukul 13.00 waktu setempat.

Sebuah Ledakan Terjadi di Bandara Pudong, Shanghai, 4 Orang Luka-luka!cnn.com

Para korban yang mengalami luka-luka dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Para petugas kepolisian telah mengendalikan wilayah terjadinya ledakan tersebut dan tidak ada jadwal penerbangan yang terganggu.

Baca Juga: Berduka: Dunia Kumpulan Foto Pemakaman Muhammad Ali yang Wajib Kamu Lihat.

Topik:

Berita Terkini Lainnya